Find Us On Social Media :

Jokowi Anak Mama, Presiden-presiden AS Juga (4)

By Lily Wibisono, Sabtu, 12 Juli 2014 | 20:00 WIB

Jokowi Anak Mama, Presiden-presiden AS Juga (4)

Intisari-Online.com - Penilaian bahwa Jokowi anak mama membuat pria asal Solo ini dinilai sama seperti anak manja pada umumnya yang punya masa depan suram. Mengurus diri sendiri saja “kagak becus”, apalagi keluarga. Tapi sejarah ternyata bicara lain. FDR, Bush anak-beranak, Barack Obama, adalah beberapa presiden AS yang sebenarnya “anak mama”.

---------------------------------

AS mempunyai dua presiden bernama belakang “Bush”. Bush senior, yaitu George H. W. Bush (1989 – 1993) beristrikan Barbara. Dalam sebuah wawancara, Barbara mengatakan, “Pengaruh ibu mertua saya terhadap suami saya sepuluh kali lipat daripada ayah mertua saya.”(Baca juga: Prabowo dan Jokowi Sama-Sama Anak Mama

Tetapi sebagai ibu, rupanya ia pun tak jauh-jauh dari ibu mertuanya. Terhadap George W. Bush (2000 – 2008) yang menjadi presiden sebelum Barack Obama, ia tak kalah protektif.

Misalnya, menjelang wawancara TV, ia mendampingi dan mengingatkan anaknya yang presiden tersebut, agar dia berdiri tegak dan apakah kaus kakinya sudah ditarik sama tinggi.

Menurut Laura, istri Bush muda, suaminya lebih mirip dengan ibu ketimbang bapaknya. “Dua-dua suka ngotot,” katanya terus-terang.

Presiden Barack Obama pun tak kalah dekat dengan ibunya, Ann Dunham. Dalam bukunya, Dreams From My Father, President Barack Obama menyebut ibunya, “Orang yang paling baik dan murah hati yan pernah saya kenal. Semua hal terbaik yang saya miliki, saya peroleh dari beliau.”

Ann melahirkan Obama saat ia masih remaja. Ia membesarkan Obama bersama orangtuanya. Ketika Ann meninggal pada tahun 1995, Obama mengatakan kepada Chicago Tribune, “Ibu adalah tokoh dominan dalam tahun-tahun pembentukan saya. Nilai-nilai yang beliau ajarkan kepada saya terus menjadi panduan bagi saya ketika bergerak di dunia politik.”

Makanya, tak perlu terlalu khawatir kalau putera Anda “terlalu” didominasi oleh ibunya. Ibu yang kuat biasanya melatih anak-anaknya menjadi orang yang kuat pula, meski mungkin tetap “kalah kuat” dari Sang Ibu.>> Jokowi Anak Mama, Presiden-presiden AS Juga (1)>> Jokowi Anak Mama, Presiden-presiden AS Juga (2)>> Jokowi Anak Mama, Presiden-presiden AS Juga (4)