Find Us On Social Media :

Robin Williams, Penyembuh Humanis yang Mati Tragis

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 12 Agustus 2014 | 19:30 WIB

Robin Williams, Penyembuh Humanis yang Mati Tragis

Intisari-Online.com - Sebuah kabar mengejutkan, aktor kawakan yang terkenal humanis dan humoris, Robin William, ditemukan tewas di rumahnya di California, Amerika Serikat, pada Senin (11/8) waktu setempat. Divisi Koroner Kantor Sheriff setempat menduga kematian pria 63 tahun itu akibat bunuh diri akibat depresi. Robin Williams, penyembuh humanis yang mati tragis.

Banyak yang mengenal Robin Williams sebagai aktor yang humanis terlihat dari film-filmnya. Taruhlah Dead Poets Society di mana Robin Williams berperan sebagai John Keating, seorang guru bahasa Inggris pengganti. Penggemar Robin pasti masih ingat bagaimana Robin alias John Keating memompa semangat murid-muridnya dengan puisi Walt Whitman, Oh Captain My Captain!

Dalam film yang dirilis tahun 1989 itu, Robin digambarkan sebagai sesosok guru yang mencoba mendobrak tradisi pendidikan di Akademi Welton yang kaku dan kolot yang berprinsip: tradisi, kehormatan, disiplin, dan prestasi.(Baca juga: Mamiek Prakoso Meninggal Dunia

Dalam sebuah potongan film, John Keating menyuruh murid-muridnya untuk merobek halaman pengantar buku tentang puisi. Lebih luas, film ini menyoal proses penyadaran, di mana para murid melihat bahwa otoritas seperi lembaga pendidikan selalu menjadi pengarah, tanpa memperdulikan apa keinginan siswanya.

Robin Williams penyembuh humanis yang mati tragis, sepeti dirilis oleh BBC, lahir di Chicago, 1951. Robin sudah mulai belajar peran ketika saat bergabung dengan klub drama di sebuah sekolah menengah. Untuk mengasah kemampuan acting-nya, Robin masuk Juilliard School di New York, salah satu akedemi seni paling prestisius di Amerika Serikat.(Baca juga: Ayesha Farooq, Pilot Wanita Pertama di Angkatan Udara Pakistan)  

1998, Robin Williams penyembuh humanis yang mati tragis, menerima penghargaan Oscar sebagai pemeran pembantu terbaik dalam film Good Will Hunting. “Robin adalah seorang pilot, dokter, jin, pengasuh, presiden, profesor, dan segalanya di antara semuanya,” ujar Presiden Barack Obama seperti yang tertera dalam akun Twitter Mashable.