Find Us On Social Media :

Orang-Orang Penting Afrika-Amerika dalam Ilmu Pengetahuan

By Monalisa Darwin D, Jumat, 3 April 2015 | 13:00 WIB

Orang-Orang Penting Afrika-Amerika dalam Ilmu Pengetahuan

Intisari-Online.com - Orang Afrika-Amerika telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap ilmu pengetahuan. Sehingga tidak dipungkiri bahwa sangat penting peranan orang-orang Afrika-Amerika dalam ilmu pengetahuan khsusunya untuk kehidupan manusia saat ini.

Di dalam bidang kimia, orang Afrika-Amerika telah mengembangkan obat sintesis untuk pengobatan penyakit kronis. Dalam bidang fisika, telah membantu menciptakan perangkat laser untuk pengobatan pasien kanker. Di bidang kedokteran, telah mengembangkan pengobatan untuk berbagai penyakit termasuk penyakit kusta, kanker, dan sifilis.

Berikut adalah para ilmuan Afrika-Amerika yang telah berkontribusi dalam ilmu pengetahuan serta kemanusiaan:

1. Otis Boykin (1920-1982), ia telah menciptakan 28 perangkat elektronik termasuk unit control alat pemacu jantung.

2. Dr Ben Carson (1950- ), ia adalah seorang ahli bedah saraf dan seorang professor yang memimpin sebuah tim medis dan menjadi yang pertama dalam keberhasilan memisahkan kembar siam.

3. Emmett W. Chappelle (1925- ), ia adalah seorang biokimia dan bekerja untuk NASA serta menemukan sebuah metode untuk mendeteksi bakteri dalam cairan air, makanan, dan tubuh.

4. Dr Charles Drew (1904-1950), ia dikenal karena karyanya yaitu plasma darah. Ia membantu mendirikan bank darah Palang Merah Amerika, selain itu juga ia mendirikan bank darah pertama di Inggris.

5. Dr Lloyd Balai (1894-1971), karyanya adalah dalam mensterilisasi makanan dan pelestarian proses perbaikan pada kemasan dan persiapan makanan.

6. Dr Percy Julian (1899-1975), ia dikenal dalam mengembangkan steroid sintetis untuk digunakan dalam pengobatan arthritis dan penyakit inflamasi lainnya.

7. Dr Charles Turner (1867-1923), ia adalah seorang zoology dan dikenal karena ia pertama kali menunjukkan bahwa serangga dapat mendengar.

8. Dr Daniel Hale Williams (1856-1931), ia mendirikan Rumah Sakit Provident di Chicago dan pada 1893, ia adalah orang pertama yang berhasil melakukan operasi jantung terbuka.

Itulah beberapa orang-orang penting Afrika-Amerika dalam ilmu pengetahuan. Kita patut berterima kasih dan mencontoh tindakan serta karya luar biasa mereka. (about.com)