Find Us On Social Media :

Letaknya Tak Jauh dari Indonesia, China Dikabarkan Bakal Bangun Pangkalan Militer Baru, Australia dan Sekutunya Waspada Penuh

By Tatik Ariyani, Selasa, 12 Juli 2022 | 14:25 WIB

(Ilustrasi) Xi Jinping dan PLA.

Intisari-Online.com - Pengaruh China yang makin luas di Pasifik membuat kekhawatiran Australia dan sekutunya Amerika Serikat (AS) makin besar.

Apalagi, setelah China menandatangani perjanjian keamanan dengan Pulau Solomon pada bulan April.

Dugaan tentang pangkalan lain di negara tetangga Indonesia, Papua Nugini (PNG), juga telah menimbulkan kekhawatiran serius.

Laporan Daily Mail Australia tertanggal 3 Juli mengatakan bahwa China menggunakan kekuatan ekonominya pada negara tetangga Pasifik Australia.

Dikatakan bahwa China telah menyerahkan $30 juta untuk mendapatkan zona ekonomi khusus di kota Kikori di Provinsi Teluk Papua Nugini dan berinvestasi lebih banyak.

Melansir The EurAsian Times, Selasa (12/7/2022), lebih lanjut, laporan tersebut menginformasikan bahwa proyek pembangunan futuristik senilai $8 miliar akan mencakup bandara, fasilitas angkatan laut, dan instalasi militer yang dibangun di hutan dekat Teluk Orokolo – sekitar 250 kilometer barat laut ibu kota Papua Nugini, Port Moresby.

Lebih dari seminggu kemudian, kedutaan besar China di negara Pasifik Selatan itu membantah laporan Daily Mail tersebut.

Kedutaan China di PNG dengan keras membantah bahwa kemitraan China dengan PNG di Zona Ekonomi Khusus Ihu dimaksudkan untuk membuat pangkalan militer.

Dikatakan klaim itu "sama sekali tidak berdasar dan sensasi dengan motif tersembunyi," lapor Global Times yang dikelola pemerintah China dalam sebuah laporan eksklusif.

Dugaan kesepakatan antara China dan PNG terjadi lebih dari sebulan setelah Menteri Luar Negeri China mengunjungi negara pasifik selatan itu dalam tur Pasifiknya.

PNG sendiri adalah negara yang kaya sumber daya dengan cadangan gas alam yang besar.

Port Moresby di Papua Nugini telah menjual lebih banyak gas alam cair ke konsumen energi di China dalam beberapa tahun terakhir.