Find Us On Social Media :

Rizman Adhi Nugraha, Astronot Pertama Indonesia yang Akan Terbang ke Antariksa Akhir Tahun Ini

By Moh Habib Asyhad, Senin, 29 Juni 2015 | 20:00 WIB

Rizman Adhi Nugraha, Astronot Pertama Indonesia yang Akan Terbang ke Antariksa Akhir Tahun Ini

Intisari-Online.com - Impian Rizman Adhi Nugraha untuk mengunjungi antariksa sepertinya sebentar lagi akan terwujud. Jika tidak ada halangan, sebentar lagi ia akan ditasbihkan sebagai 'astronot' pertama Indonesia yang akan terbang ke antariksa akhir tahun 2015 ini.

Untuk diketahui, Rizman adalah pemenang kompetisi AXE Apollo Space Academy yang digelar oleh Unilever pada tahun 2013 dengan hadiah kesempatan terbang dengan pesawat terbang yang dirancang khusus untuk menembus luar angkasa. Rizman menjadi satu-satunya orang Indonesia yang mendapat kesempatan tersebut bersama dengan 22 orang dari negara lain.

Nanti, laki-laki berhidung mancung ini akan terbang setinggi 103 kilometer dari Bumi dengan pesawat luar angkasa berteknologi mutakhir berkapasitas dua orang, yaitu XCOR Lynx Mark II. Pesawat yang membawa mereka akan terbang ke luar angkasa dan melayang selama enam menit sebelum kembali mendarat di Bumi dalam perjalanan selama 45-60 menit.

Sebelumnya, programer di sebuah perusahaan swasta di Jakarta ini telah menjalani pelatihan ketat di Kennedy Space Center, Florida. Rizman bahkan mendapat pelatihan langsung dari Buzz Aldrin, astronot Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), orang kedua yang mendarat di permukaan Bulan.

Ketika menjalani latihan, Rizman mengemudikan pesawat Air Combat USA, menjalani latihan seperti layaknya seorang astronot di Astronaut Assault Course, dan membuktikan dirinya bisa mengatasi kekuatan ledakan dalam jenis latihan G-Force Mission.

Seleksi yang diikuti oleh Rizman berlangsung cukup ketat. Ia harus mengalahkan 107 laki-laki dan perempuan dari 60 negara. Sebelumnya, ada tiga orang dari Indonesia yang mengikuti pelatihan, tetapi hanya Rizman yang berhasil melewati tahap tersebut. Jadi, kita tunggu saja aksi Rizman di akhir tahun ini!