Find Us On Social Media :

Lebih Aman Menjadi Kecil dan Tak Berarti

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 13 April 2016 | 18:15 WIB

Lebih Aman Menjadi Kecil dan Tak Berarti

Intisari-Online.com – Sebuah tanaman lily sedang berkembang, dengan bunganya yang kecil, cantik, aromanya semerbak halus. Aroma wanginya mencapai pohon jati tinggi yang berdiri di dekat lily tersebut.

Pohon jati menjadi iri karena ia tidak bisa menghasilkan bunga yang indah dan harum seperti itu. Pohon jati berkata kepada lily, “Hei lily, kau terlalu kecil. Kamu lemah dan rapuh. Tapi saya tinggi dan kuat. Saya bisa menahan panas, hujan, dan badai.” Lily terdiam dan terus memperkaya lingkungan dengan aromanya yang harum.

Keesokan harinya, penebang kayu mencapai daerah  tersebut. Mereka menebang cabang-cabang pohon jati dan akhirnya menebang seluruh pohon. Kemudian mereka membawanya pergi, memotong kayu jati itu menjadi papan dan balok dan membuatnya menjadi beberapa perabotan. Lily kecil hanya berdiri diam, mengkhawatirkan nasib jati dengan tetap menyebarkan aroma di sekitarnya.

Seekor ikan kecil berenang diam-diam melintasi danau. Seekor ikan karnivora besar bergegas ke tempat itu dan membuka mulutnya untuk menelan ikan kecil. Ikan kecil itu memohon untuk membiarkannya bebas. Tapi ikan besar menertawakan dan bertanya dengan marah dan sombong, “Beraninya kau bicara padaku? Kau terlalu kecil dan lemah. Saya sangat kuat dan kokoh. Saya akan menyelesaikanmu dalam sekejap.” Tapi tiba-tiba, seorang nelayan menurunkan jaringnya dari perahu. Ikan besar tertangkap dalam jaring, terjerat, dan terperangkap dalam jerat nelayan itu. Ikan kecil dengan mudah melarikan diri melalui lubang-lubang pada jaring.

Kadang-kadang lebih aman dan lebih manis menjadi kecil dan tak berarti.