Find Us On Social Media :

Sebuah Cincin untuk Raja

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 14 April 2016 | 18:45 WIB

Sebuah Cincin untuk Raja

Intisari-Online.com – Ada sebuah legenda tentang Raja dan seorang yang bijaksana. Dalam salah satu ceritanya, Raja melihat dalam mimpi sebuah cincin ajaib, yang bila dipakai oleh seorang yang putus asa akan menjadi bahagia, dan seorang yang khawatir akan selamat.

Keesokan paginya, ia memanggil tukang emas dan memerintahkannya untuk membuat cincin untuk dipakainya seperti dalam mimpi, sebagai obat bila sedang depresi. Tukang emas itu mengkhawatirkan nasibnya jika ia gagal mengikuti perintah raja. Dalam perjalanan pulang, ia bertemu dengan orang bijaksana. Orang yang bijaksana itu bertanya tentang kekhawatirannya. Tukang emas itu menceritakan tentang perintah raja yang aneh.

Orang yang bijak itu menghibur tukang emas dan mengatakan kepadanya, “Sangat mudah. Buatlah cincin emas biasa bagi raja. Lalu ukirlah dengan kata-kata “ini juga akan berlalu” pada cincin dan berikan kepada raja. Ketika ia membacanya dalam suasana hati yang tertekan, ia akan menjadi harapan dan bahagia, mengetahui bahwa masalah itu akan berlalu. Kemudian, ketika ia membacanya dalam suasana hati yang gembira, itu akan mengingatkannya bahwa kesenangan itu tidak tetap. Cincin itu akan mencerahkannya dan menghapus kegembiraannya.”

Tukang emas tua itu pun membuat cincin seperti yang disarankan oleh orang bijak itu dan memberikannya kepada Raja. Raja senang saat membaca pesan yang bermakna itu. Ia memberi imbalan yang wajar kepada tukang emas itu dan memuji kebijaksaan orang bijak tadi.

Kata-kata pada cincin itu memberikan penghiburan saat pikiran kita menjadi depresi dan pencerahan pada saat-saat membanggakan. Cincin itu bisa membuat orang sedih menjadi senang, dan sebaliknya.

Hidup ini singkat dan semua kekayaan duniawi serta kemewahan harus kita tinggalkan ketika kita mati. Mereka hanya memberikan sukacita sementara, dan kesenangan duniawi dapat menyebabkan penderitaan yang kekal di neraka.