Find Us On Social Media :

Pelajaran Hidup dari Stoples dan Bola Golf

By Ade Sulaeman, Jumat, 1 Juli 2016 | 18:30 WIB

Pelajaran Hidup dari Stoples dan Bola Golf

Intisari-Online.com - Ini adalah pelajaran hidup yang sangat penting dari seorang guru filsafat saat mengajarkan murid-muridnya.

Guru membersihkan mejanya lalu menempatkan beberapa item di atasnya. Salah satu item adalah stoples kosong. Dia melanjutkan untuk mengisi stoples dengan bola golf sampai ia bisa muat lagi. Dia memandang kelas dan bertanya kepada murid-muridnya apakah mereka setuju bahwa toples sudah penuh. Setiap siswa setuju bahwa toples itu memang penuh.

Guru kemudian mengambil sekotak kerikil kecil dan menuangkannya ke dalam gelas dengan bola golf. Kerikil mengisi semua celah di antara bola golf. Dia kembali bertanya kepada para siswa apakah tsoples itu penuh. Sekali lagi, mereka setuju.

Sekarang guru mengambil kantong pasir dan menuangkannya ke dalam stoples. Pasir mengisi semua ruang kosong yang ditinggalkan antara bola golf dan kerikil. Dia bertanya lagi ke muridnya apakah stoples itu sudah penuh. Para siswa sepakat bahwa stoples itu secara teknis sudah penuh.

Akhirnya, guru mengeluarkan dua botol kopi dari bawah meja dan menuangkan keduanya ke dalam stoples untuk mengisi ruang kosong di antara pasir. Sekarang para siswa mulai tertawa bertanya-tanya seberapa jauh ini akan berlanjut.

Guru menunggu sampai tawa berhenti. "Saya ingin Anda untuk mengenali bahwa stoples ini mewakili kehidupan Anda," ia mulai. "Bola-bola golf merupakan hal penting. Anda keluarga, anak-anak, kesehatan, teman, dan gairah. Jika segala sesuatu yang lain hilang dan hanya tinggal mereka, hidup Anda akan tetap penuh.

Kerikil mewakili hal lain dalam hidup yang penting, seperti pekerjaan Anda, rumah dan mobil. Pasir --- bahwa segala sesuatu yang lain. Hal-hal kecil. Jika Anda meletakkan pasir terlebih, tidak ada ruang untuk kerikil atau bola golf.

Hal yang sama berlaku untuk kehidupan. Jika Anda menghabiskan seluruh waktu Anda dan energi pada hal-hal kecil, Anda tidak akan memiliki ruang untuk hal-hal yang paling penting. Memperhatikan hal-hal penting dalam hidup Anda.

Menikmati waktu bersama keluarga. Pergi makan malam dengan pasangan Anda. Bermain game dengan anak-anak Anda. Selalu ada waktu untuk membersihkan rumah atau berbelanja sendiri.

Jaga bola golf untuk selalu di urutan pertama --- hal-hal yang benar-benar penting. Sisanya hanya pasir. Anda tak akan menyesal."

Sebelum siswa meninggalkan kelas, satu siswa berteriak."Anda tidak pernah menyebutkan apa yang diwakili oleh kopi!"

Profesor itu tersenyum dan berkata, "Yah aku senang kau bertanya. Kopi hanya menunjukkan bahwa tidak peduli seberapa penuh hidup Anda mungkin tampak, selalu ada ruang untuk minum kopi dengan teman."

(Sunnyskyz.com)