Find Us On Social Media :

Menjadi Orang yang Lebih Tangguh

By Monalisa Darwin D, Minggu, 10 Juli 2016 | 19:00 WIB

Menjadi Orang yang Lebih Tangguh

Intisari-Online.com - Saat menghadapi masa-masa sulit, kita banyak mendengar saran seperti “tenang saja, semua akan menjadi lebih baik”. Nyatanya, itu tidaklah mudah. Dokter psikologi klinis, Zelana Montminy, Psy.D., mengatakan bahwa ia telah membuat panduan ilmu yang mendukung serta membantu bagaimana bangkit dari masa sulit dengan menjadi orang yang lebih tangguh dalam proses.

1. Fokuslah pada diri sendiri terlebih dulu sebelum mengerjakan hal yang lain. Ubahlah fokus menjadi lebih dalam untuk benar-benar mengenal pikiran serta emosi diri sendiri. Hal ini akan membuat tubuh secara fisik bereaksi terhadap situasi tertentu. Respon fisik pada emosi berfungsi sebagai isyarat dan memberikan lebih banyak informasi. Setelah melakukan tahap ini dan mulai memahami perasaan sendiri, kita mungkin menemukan cara menghadapi tantangan hidup dengan lebih mudah.

2. Berikutnya adalah menerima apa yang tidak bisa kita ubah. Ada beberapa hal yang kita miliki tidak dapat diubah, sehingga kita harus menerima keadaan kita. Tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai cara untuk mengubah sesuatu, namun yang penting adalah untuk memahami bahwa terkadang kita tidak dapat mengontrol bagian-bagian tertentu di dalam hidup.

3. Cara menjadi orang yang lebih tangguh terakhir adalah tidak mengabaikan atau menekan perasaan kita. Akui dan ungkapkanlah perasaan apapun yang ada karena itu sangat penting, dimana dapat membangun kecerdasan emosional. Ini juga dapat menunjukkan secara spesifik apa dan bagaimana perasaan yang sedang dirasakan, entah itu sedih, marah, frustasi, atau lainnya. Dengan benar-benar memahami akar emosi akan memberikan informasi yang lebih mendalam, yang memungkin kita untuk menggeser reaksi yang akan dilakukan berdasarkan apa yang dirasa.

Itulah cara menjadi orang yang lebih tangguh dan semuanya memiliki tujuan untuk membawa kejelasan serta menemukan akar masalah untuk membantu kita lebih udah menyelesaikannya.