Find Us On Social Media :

Lincoln dan Pembebasan

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 3 Agustus 2016 | 18:45 WIB

Lincoln dan Pembebasan

Intisari-Online.com – Abraham Lincoln (1809-1865), Presiden keenam belas dari Amerika Serikat, adalah seorang dermawan besar dan juara hak asasi manusia dan martabat. Perjuangan panjang melawan perbudakan menyebabkan amandemen Konstitusi, menghapuskan perbudakan di Amerika Serikat. Dia terbunuh pada tahun 1865.

Ada sebuah kisah populer tentang Lincoln. Pada suatu waktu, Abraham Lincoln kebetulan melihat lelang budah. Ia muak dengan pemandangan dan suara dari pembelian dan penjualan manusia di depan umum. Ia melihat seorang wanita muda yang dijual sebagai budak. Mata wanita itu penuh dengan penghinaan pada semua orang di sekitarnya. Ia menunjukkan tanda-tanda penderitaan yang ia temui selama hidupnya. Ketika penawaran dimulai, Lincoln memberikan penawaran untuk wanita itu. Ia membalas tawaran orang lain dengan jumlah yang lebih besar sampai ia menang. Akhirnya Lincoln membayar juru lelang dengan sejumlah uang dan mengambil wanita muda itu.

Wanita muda itu menatap tuan barunya dengan kebencian. Ia bertanya apa yang akan dilakukan dengannya. Lincoln berkata, “Aku akan membuat Anda sepenuhnya bebas. Anda dapat mengatakan dan melakukan apa pun yang Anda inginkan dan pergi ke mana pun Anda inginkan.” Wanita itu mendengar kata-kata baik itu untuk pertama kalinya.

“Lalu aku datang dengan Anda!” kata wanita itu sambil tersenyum.

Mark Twain, novelis besar Amerika (1835 – 1910) mengatakan, “Kebaikan adalah bahasa yang bisa didengar oleh orang tuli dan dapat dibaca oleh orang buta.” Citna penuh kasih dapat dipahami bahkan oleh orang dengan keterbelakangan mental.