Find Us On Social Media :

Empat Model Orang dalam Kehidupan Bermasyarakat

By K. Tatik Wardayati, Senin, 15 Agustus 2016 | 18:15 WIB

Empat Model Orang dalam Kehidupan Bermasyarakat

Intisari-Online.com – Seorang guru besar ingin mencerahkan murid-muridnya tentang berbagai jenis atribut dan sikap orang. Ia memamerkan empat model manusia yang dibuat dengan menggunakan bahan yang berbeda, masing-masing yaitu: lumpur, spons, batu, dan gula.

Lalu, ia memberi empat mangkuk berisi air kepada muridnya dan meminta mereka untuk mempelajari bagaimana model tersebut bereaksi dengan air.

Model yang terbuat dari lumpur terlarut dan mencemari air. Model spons menyerap air. Model batu tidak bereaksi, sementara model dari gula terlarut dan membuat air menjadi manis. Guru kemudian menjelaskan pengamatan dan implikasinya.

Orang-orang yang menyerupai lumpur mengganggu orang lain, menciptakan masalah, dan mengganggu kehidupan sosial yang damai. Orang yang menyerupai spons suka mengeksploitasi orang lain dan menerima manfaat dari masyarakat tanpa menawarkan bantuan atau layanan imbalan. Orang-orang seperti batu, tidak bereaksi juga tidak menawarkan layanan apapun untuk masyarakat.

Sementara, orang-orang yang menyerupai gula siap untuk mengorbankan diri mereka untuk melayani orang lain dan mempermanis masyarakat di sekitarnya. Orang-orang yang seperti ini akan diingat oleh orang lain selama-lamanya. Mari kita mencoba untuk hidup seperti mereka ini.