Find Us On Social Media :

Buah dari Bekerja untuk Makan

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 30 Agustus 2016 | 18:15 WIB

Buah dari Bekerja untuk Makan

Intisari-Online.com – Seorang anak yang sangat malas bernama Ramu tinggal di sebuah desa kecil. Ia menghabiskan seluruh waktunya untuk berkeliaran di sekitar desa dan selalu sibuk melamun. Ia menolakmelakukan pekerjaan apapun.

Suatu hari, Ramu menemukan satu tas penuh dengan uang. Ia senang. Ia tahu bahwa salah satunya harus bekerja untuk mendapatkan uang. Tapi ia merasa beruntung karena mendapatkan uang tanpa usaha sama sekali. Ramu pergi dan membeli banyak permen lezat dari toko roti. Kemudian ia membeli beberapa pakaian baru. Sedemikian rupa, ia mulai menghabiskan uang yang didapatnya.

Ibunya mengatakan, “Anakku, jangan buang-buang uang. Gunakan untuk memulai bisnis. Bekerja keraslah untuk hal itu dan kau akan menjadi kaya.”

Tapi, kata Ramu, “Saya tidak perlu bekerja. Saya punya banyak uang.”

Dalam beberapa bulan Ramu telah menghabiskan semua uang yang didapatnya. Setelah itu ia tidak mendapatkan serupiah pun untuk membeli makan. Penduduk desa juga menolak untuk mempekerjakan anak malas tersebut. Kemudian Ramu mengerti bahwa uang gratis itu tidak layak. Hanya buah dari bekerjalah yang dapat memberi makan seorang pria seumur hidup.