Find Us On Social Media :

Kompasianival 2015, Ajang Carnaval para Blogger dan Netizen

By Ade Sulaeman, Rabu, 18 November 2015 | 22:00 WIB

Kompasianival 2015, Ajang Carnaval para Blogger dan Netizen

Intisari-Online.com - Kompasiana adalah sebuah media warga (citizen media) yang berada di bawah naungan PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). Setiap tahunnya, Kompasiana tak pernah absen dalam menggelar Kompasianival (Kompasiana Carnival), acara kopi darat yang mempertemukan warga internet (netizen), blogger, komunitas dan penggiat media sosial dari pelbagai daerah di Indonesia, bahkan luar negeri.

Pada tahun ini, Kompasianival akan diselenggarakan selama dua hari berturut-turut, yaitu pada tanggal 12 dan 13 Desember 2015 di Piazza, Gandaria City Mall, Jakarta Selatan. Adapun tema yang diangkat dalam Kompasianival 2015 adalah “Indonesia Juara”. Melalui tema tersebut, Kompasiana ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama netizen, untuk mengembangkan potensi juara yang dimiliki setiap individu.

Dengan begitu, setiap orang dapat berperan dalam upaya membantu menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang layak menjadi juara di rumahnya sendiri dan juga di kancah internasional.

Di sini, Anda beserta para peserta Kompasianival 2015 lainnya bisa melakukan banyak hal, seperti bersilaturahmi, memperluas jejaring, menikmati beragam kegiatan seru yang dikemas dalam bentuk acara khas Kompasiana, yaitu Blogshop, Nangkring dan Tokoh Bicara. Setiap sesi akan menampilkan sejumlah tokoh bermental juara yang kreatif dan inspiratif di bidangnya masing-masing.

Adapun para pembicara* yang akan hadir memeriahkan Kompasianival 2015 adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah, Dewi Lestari, Cahyo Alkantana, Riyanni Djangkaru, Wahyu Aditya, Ismail Basbeth, Maulana M. Syuhada, Yayan Ruhian, Eko Supriyanto, Elissa dan Jessica Yamada, Monica Josephine, Junanto Herdiawan, Fikria Hidayat, Aero Sutan Aswar, Rio Haryanto dan Medina Warda Aulia.

Acara akan dibuka* oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan dilanjutkan oleh Chief Executive Officer (CEO) Kompas Gramedia Lilik Oetama. Sementara itu, group band Kotak akan menutup acara Kompasianival 2015 pada hari pertama. Sementara Kompasianival 2015 pada hari kedua akan ditutup dengan penampilan dari Musikimia.

Sebagai bagian dari rangkaian acara Kompasianival 2015, Kompasiana juga mengadakan beberapa aktivitas online. Salah satu aktivitas online yang sedang berlangsung saat ini adalah kompetisi blog dengan tema “Karena Kompasiana, Saya...”. Selain itu, untuk pertama kalinya Kompasiana mengundang masing-masing satu perwakilan blogger Kompasiana (Kompasianer) dari 33 daerah di Indonesia untuk hadir di acara Kompasianival 2015 sebagai Duta Daerah.

Pemilihan Duta Daerah ini akan dilakukan melalui kompetisi blog, dimana para Kompasianer harus menceritakan sekilas tentang diri mereka dan daerah asalnya dalam bentuk karya tulis yang menarik.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kompasiana juga mengadakan Kompasiana Awards, sebuah ajang penghargaan yang diperuntukkan bagi Kompasianer yang giat berkontribusi sepanjang tahun 2015.

Sebelum menerima penghargaan pada 13 Desember 2015, para peraih penghargaan Kompasiana Awards 2015 akan melalui empat tahap, yaitu nominasi, seleksi, voting dan penjurian.

Anda tertarik untuk berpartisipasi dalam acara Kompasianival 2015? Daftarkan diri Anda secara gratis melalui microsite Kompasianival 2015 di kompasianival.kompasiana.com.   

*Pengisi acara dapat berubah sewaktu-waktu. Setiap perubahan akan diinformasikan melalui microsite Kompasianival 2015.