Find Us On Social Media :

Yuk, Ikutan Donor Darah bersama Tupperware

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 22 Juli 2016 | 15:00 WIB

Yuk, Ikutan Donor Darah bersama Tupperware

Intisari-Online.com – Sejak tahun 2008, dan setiap tahunnya, Tupperware Indonesia bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar acara Donor Darah yang bertajuk “A Drop for Hopes”. Tahun 2016 ini, bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-25, Tupperware Indonesia menyelenggarakan Donor Darah serentak secara nasional pada tanggal 21 – 23 Juli 2016.

“Kalau biasanya penyelenggaraan donor darah Tupperware dilakukan di tempat keramaian atau mal-mal, kali ini dilakukan di Distributor dan Authorized Group Manager Tupperware di setiap daerah. Sehingga kota yang dijangkau bisa lebih banyak, yaitu di 91 lokasi di 81 kota di Indonesia. Maksudnya agar lebih banyak menjangkau masyarakat, terutama wanita, agar mereka berani mendonorkan darahnya,” jelas Nining W. Pernama, President Tupperware Indonesia & Vice President Sales Development Asia Pacific.

Rupanya, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemenkes Indonesia, jumlah pendonor wanita jauh lebih sedikit dibandingkan pendonor pria. Meski secara keseluruhan jumlah pendonor di Indonesia mengalami peningkatan. Data di tahun 2013, jumlah total pendonor di Indonesia mencapai sekitar lebih dari 2,7 juta pendonor. Namun, dari keseluruhannya, hanya ada 24% pendonor wanita, sementara pria mencapai 76%. Dan di tahun 2014, meski jumlah pendonor keseluruhan mencapai 3 juta lebih, tapi jumlah pendonor wanita menurun menjadi 22%.

Berdasarkan hal tersebut, maka Tupperware menggelar acara donor darah yang lebih ditujukan kepada wanita, agar mereka sadar mendonorkan darahnya untuk kesehatan dan kepedulian antara sesama.

Mengapa jumlah pendonor wanita sedikit? Memang, ada sedikit halangan bagi wanita yang akan mendonorkan darahnya, seperti ketika menstruasi tidak boleh mendonorkan darahnya, kemudian seminggu dan sebelum menstruasi biasanya wanita mengalami sedikit drop kesehatannya. Tapi, rupanya ada mitos yang beredar, salah satunya, bahwa mendonorkan darah akan membuat wanita tambah gemuk.

“Padahal, justru sebaliknya, karena dengan mendonorkan darah kita sebanyak 350 cc, kita membakar kalori hingga 70 kkal. Tapi, jangan lantas donor darah dijadikan sebagai ajang untuk berdiet ya.. Karena donor darah secara rutin hanya bisa dilakukan setiap 90 hari sekali,” demikian menurut dr. Linda Lukitari Waseso, Ketua Bidang UTD dan RS PMI.

Selain itu, banyak manfaat donor darah bagi wanita, seperti menjaga kesehatan jantung, membuat darah mengalir lebih lancar, dan berdasarkan penelitian, mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88%. Juga, membuat kita jarang sakit, terhindar dari kanker dan stroke, memperpanjang usia karena lebih sehat, dan yang lebih penting dapat membantu menyelamatkan nyawa sesama kita.

Mau ikutan donor? Nih, catat tempatnya ya. Daftar beberapa kota/lokasi kantor Distributor dan AGM yang berpartisipasi dalam acara ini diantaranya, kota Balikpapan, Banda Aceh, Bandung, Banjarmasin, Banten, Banyuwangi, Batam, Bengkulu, Belitung, Bontang, Banjarbaru, Bukittinggi, Cilacap, Denpasar, Duri, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Karawang, Jambi, Jember, Jayapura, Kediri, Kendari, Kisaran, Kudus, Kupang, Lampung, Magelang, Makassar, Malang, Medan, Padang, Palangkaraya, Palembang, Palu, Pangkalpinang, Pekanbaru, Palopo, Pontianak, Purwokerto, Samarinda, Semarang, Serang, Sidoarjo, Solo, Sorowako, Surabaya, Yogyakarta.

Nah, para wanita, ayo tunggu apalagi. Donorkan darah Anda sekarang juga. Selain berbagi kasih bersama Tupperware, Anda juga akan mendapatkan souvenir dari Tupperware. Yuk, datangi tempat terdekat di kota Anda.

Mau tahu yang selengkapnya? Silakan saja klik www.tupperware.co.id