Find Us On Social Media :

Sempat Jadi Tumpuan Ukraina Untuk Melawan Rusia, Mendadak Ukraina Malah Sebut Kecewa dengan Tindakan NATO, Sampai Menyebutnya Munafik Gara-Gara Hal Ini

By Afif Khoirul M, Kamis, 26 Mei 2022 | 14:31 WIB

Pasukan NATO. Finlandia dan Swedia berharap bergabung dengan NATO agar aman dari Rusia

Intisari-online.com - Menteri luar negeri Ukraina pada (25/5) secara terbuka mengkritik NATO, sambil memuji Uni Eropa.

Surat kabar The Guardian pada (25/5) melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba menuduh NATO "tidak mengambil tindakan apa pun" dalam menanggapi operasi militer Rusia di Ukraina.

Sementara itu, Kuleba memuji Uni Eropa atas keputusan "terobosan, revolusioner" untuk mendukung Kiev.

"NATO sebagai aliansi militer, sebuah organisasi besar tetapi sepenuhnya berdiri di pinggir lapangan dan tidak melakukan apa-apa. Saya menyesal mengatakan ini," kata menteri luar negeri Ukraina di Forum Ekonomi Dunia di kota Davos, Swiss.

"Pada saat Rusia memulai operasi militernya di Ukraina, opini publik adalah bahwa NATO adalah kekuatan kuat yang akan mengambil tindakan drastis, sementara UE hanya dapat mengungkapkan tingkat kekuatannya," kata Kuleba.

Menteri luar negeri Ukraina memuji UE karena "blok tersebut mengambil keputusan revolusioner yang bahkan tidak diharapkan oleh UE sendiri" dalam mendukung Kiev.

Kuleba juga mencatat bahwa sejumlah sekutu NATO juga mendukung Ukraina.

Selain mengkritik NATO dan memuji Uni Eropa, Kuleba juga menolak pernyataan Rusia bahwa Moskow siap memberikan koridor kemanusiaan bagi kapal-kapal makanan yang meninggalkan Ukraina dengan imbalan sejumlah sanksi terhadap Rusia harus dicabut.

Baca Juga: Dibanggakan Setinggi Langit oleh Vladimir Putin Sebagai Senjata Pemusnah Massal, Siapa Sangka Lebih dari 60% Hulu Ledak Nuklir Rusia Malah 'Tidak Berfungsi'

Berbicara di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmitry Kuleba mengatakan Barat harus mengurangi optimisme tentang situasi pertempuran di timur negara itu.

"Saya tidak ingin orang berpikir bahwa situasi militer masih baik-baik saja. Situasi di wilayah Donbass sangat buruk,” kata Kuleba, menurut RT.

Menteri luar negeri Ukraina memperingatkan bahwa situasi "akan menjadi lebih buruk" jika AS tidak mengirim sistem MLRS seperti M270.