Find Us On Social Media :

10 Tips Atasi Flu dengan Resep Rumahan (02)

By Ade Sulaeman, Selasa, 10 Desember 2013 | 17:00 WIB

10 Tips Atasi Flu dengan Resep Rumahan (02)

Intisari-Online.com - Anda sering sekali tidak sadar jika gejala flu bisa berasal dari demam, batuk, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, nyeri tubuh dan menggigil. Gejala-gejala flu seperti itu sebenarnya bisa diatasi hanya dengan obat antivirus, namun tentu tidak bisa sembarangan.

Padahal, sebenarnya obat antivirus tersebut bisa dihindari dengan cara membuat ‘obat’ sendiri. Berikut 5 dari 10 pengobatan yang dapat Anda praktekkan sendiri di rumah:

  1. Berkumur air garam. Salah satu cara untuk dapat menyingkirkan lendir tebal di bagian belakang tenggorokan akibat batuk atau sakit tenggorokan adalah dengan berkumur dengan air garam. Hal ini juga dapat membantu meringankan telinga yang tersumbat.
  2. Cobalah pengairan hidung. Untuk mengurangi penyumbatan dan suara sengau, serta mengurangi risiko berkembangnya infeksi virus sinus, beberapa dokter menganjurkan untuk melakukan pengairan hidung. Caranya dengan menuangkan (beberapa tetes) air garam ke dalam satu lubang hidung dan biarkan air garam tersebut membersihkan hidung Anda. Anda juga dapat membuat larutan air garam dengan mencampurkan garam dan air hangat.
  3. Mendirikan tenda. Anda butuh cara cepat untuk membuka saluran udara yang tersumbat? Dirikan tenda, bawa panci air mendidih, gantungkan handuk di atas kepala, tutup mata sambil duduk di bawah tenda. Kemudian bernafaslah dalam-dalam melalui hidung selama 30 detik. Anda juga dapat menambahkan minyak peppermint atau eucalyptus ke air. Ulangi sesering yang Anda perlukan untuk mengurangi penyumbatan.
  4. Dengarkan saat tubuh Anda ‘bicara’. Jangan pernah abaikan isyarat dari tubuh Anda. Jangan terus memaksa tubuh beraktifitas padahal tubuh tidak menginginkan. Jika memang tubuh Anda harus berbaring seharian di tempat, istirahatlah.
  5. Pergunakan jasa ‘pengasuh’. Pengasuh atau seorang teman memang tidak bisa menurunkan suhu tubuh Anda ataupun mengobati flu yang sedang Anda derita. Namun, kehadiran mereka untuk sekedar menghibur atau membantu Anda di saat-saat tertentu dapat meringankan gejala flu yang sednag Anda alami. Terimalah tawaran jika ada orang-orang yang ingin merawat Anda. (dr. Adhiatma Gunawan)

 --

Artikel ini merupakan hasil kerjasama Intisari-Online.com dengan Meetdoctor.com. Anda dapat mengajukan pertanyaan terkait masalah kesehatan dengan mengirimkan email ke alamat majalahintisari@gmail.com dengan judul “T&J Meetdoctor”.