Find Us On Social Media :

China Ketar-ketir, India Dapat Bantuan Jutaan Dollar AS dari Jepang, Bisa Bikin China Kesusahan di Daerah Ini

By Tatik Ariyani, Minggu, 22 Mei 2022 | 12:05 WIB

Xi Jinping dan Narendra Modi

Intisari-Online.com - Pada 31 Maret 2022 lalu, Badan Kerjasama Internasional Jepang (JICA) menandatangani perjanjian hibah dengan Pemerintah India, untuk memberikan bantuan hingga $31 juta dollar AS untuk proyek pasokan listrik di Kepulauan Andaman dan Nicobar.

Melansir Deccan Herald, Kamis (31/3/2022), tujuan dari proyek ini adalah untuk memanfaatkan daya yang dihasilkan dari sumber energi terbarukan dan menstabilkan pasokan listrik di Andaman Selatan, dengan memperkenalkan peralatan dan fasilitas yang diperlukan seperti sistem baterai penyimpanan (30MW/15MWh), kaset interkoneksi jaringan, SCADA, bangunan untuk penyimpanan energi, sehingga berkontribusi pada peningkatan daya saing industri di Kepulauan Andaman dan Nicobar.

Lingkup pekerjaan proyek meliputi pembangunan fasilitas, pengadaan dan pemasangan peralatan, serta jasa konsultasi.

Proyek ini ditargetkan selesai pada Februari 2024. Instansi pelaksana proyek tersebut adalah Administrasi Andaman dan Nicobar.

Dalam sebuah pernyataan pers, Saito Mitsunori, Kepala Perwakilan, Kantor JICA India, mengatakan, “Pasokan listrik yang stabil dan andal sangat penting untuk penghidupan yang lebih baik dan promosi industri di Kepulauan Andaman dan Nicobar. Karena terputus dari daratan, gugusan pulau saat ini mengandalkan pembangkit terisolasi dan sistem distribusi yang ditenagai oleh pembangkit diesel dengan seringnya pemadaman listrik.”

Namun, rencana pengembangan pembangkit listrik di Andaman & Nicobar masih dalam tahap transisi dari pembangkit listrik tenaga diesel ke energi bersih terbarukan.

Proyek ini membantu kebijakan dan rencana pengembangan tenaga listrik oleh Administrasi Andaman dan Nicobar melalui pengurangan jejak karbon dengan secara bertahap mengganti pembangkit listrik berbasis diesel dengan energi yang lebih hijau.

“JICA berharap dapat mendukung komitmen Pemerintah India yang dibuat pada KTT COP 26, menuju emisi nol karbon bersih pada tahun 2070 serta memasok listrik yang andal dan berkualitas 24X7 kepada masyarakat Kepulauan Andaman dan Nicobar. Kami akan memberikan semua dukungan yang diperlukan kepada pemerintah dalam mencapai berbagai tonggak dan target yang digariskan dalam peta jalan proyek ini,” tambahnya.

Hibah Jepang sebesar 31 juta dollar AS tersebut untuk menstabilkan pasokan listrik di Kepulauan Andaman dan Nicobar yang berlokasi strategis di India tersebut kemudian menyoroti lokasi geopolitik vital pulau itu bagi India dan mitra QUAD.

Melansir The EurAsian Times, Sabtu (21/5/2022), pulau-pulau tersebut secara strategis dekat dengan Selat Malaka, saluran dan titik blokir di mana China bergantung pada pengiriman energinya.

Pulau-pulau tersebut juga mendominasi Teluk Benggala dan saluran Enam Derajat dan Sepuluh Derajat, yang digunakan oleh lebih dari 60.000 kapal komersial setiap tahun.

Selat Malaka dan Selat Enam Derajat adalah dua dari sembilan kemacetan utama yang mengatur akses ke wilayah ini.