Find Us On Social Media :

Kisah Hidupnya Dibandingkan dengan Ratu Jane Seymour Favorit Raja Henry VIII, Inilah Selir Ling, Pelayan Permaisuri yang Jadi Favorit Kaisar Qianlong, Karena Keduanya Mampu Lakukan Hal Ini!

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 13 Mei 2022 | 08:20 WIB

Kisah hidupnya dibandingkan dengan Jane Seymour favorit Raja Henry VIII, inilah Kaisar Ling favorit Kaisar Qianlong

Intisari-Online.com – Dalam catatan sejarah, Raja Inggris Henry VIII memiliki beberapa ‘gundik’ selain Ratu yang resmi dinikahi.

Salah satunya adalah Jane Seymour yang bisa dibilang favorit Raja Henry.

Dialah yang melahirkan putra Raja Henry yang telah lama diidam-idamkannya.

Raja Henry membuat potret keluarga mereka yang dilukis bersama setelah kematiannya, menyingkirkan ratu yang saat itu berkuasa, Katherine Parr.

Dia bahkan bergabung dengannya dalam kematina, sementara istri-istri yang lain, beberapa tanpa mahkota, harus puas dengan status melajang untuk selamanya.

Jane Seymour sebenarnya adalah dayang untuk dua istri pertama Raja Henry.

Sementara, Selir Ling, hidupnya secara rinci sebelum naik takhta sebagai permaisuri, memang tidak diketahui.

Dalam sebuah serial TV, Selir Ling digambarkan sebagai pelayan yang menunggu Permaisuri Fucha.

Ini bukan tanpa dasar sejarah.

Dalam sebuah elegi kepada Permaisuri, Kaisar Qianlong menyebutkan bahwa Permaisuri telah mendapat manfaat dari ‘pendidikan’ yang ditawarkan oleh Permaisuri, namun arti pastinya tidak diketahui apa maksudnya.

Hanya saja serial TV itu mengartikan secara harfiah, bahwa Permaisuri Fucha mengajarkan keterampilan kaligrafi dan literasi kepada Selir Ling.

Sementara sumber lain mengatakan bahwa Selir Ling tidak memulai kariernya sebagai pelayan istana, tetapi segera dipromosikan ke posisi guiren, atau ‘Orang Mulia’, lima peringkat di bawah Permaisuri.