Find Us On Social Media :

Kreativitas Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan

By Chatarina Komala, Minggu, 28 September 2014 | 19:00 WIB

Kreativitas Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan

Intisari-Online.com - Ada banyak alasan mengapa hidup kreatif jelas lebih menguntungkan. Namun, apakah kita juga tahu bahwa kreativitas ternyata bermanfaat bagi kesehatan?Banyak pertanyaan dan perbincangan menarik terkait kreativitas. Tentang bagaimana kreativitas dapat dipupuk sedari kecil, bagaimana sebuah pendidikan konvensional ternyata mampu "membunuh" segala pemikiran yang orisinil, berikut apakah kreativitas merupakan sifat kita yang sudah ada sejak lahir ataupun sebaliknya. Namun, berlawanan dengan kepercayaan populer, para ahli percaya bahwa setiap orang berpotensi kreatif.Lebih lanjut, mereka menjelaskan bahwa setiap orang pasti memiliki kemampuan dan bakat yang berbeda. Namun, mereka menegaskan, kreativitas sendiri bukanlah kemampuan atau bakat. Kreativitas adalah proses mengaplikasikan dan mengembangkan bakat serta keterampilan ini untuk menciptakan ide-ide baru dan orisinil.
Oleh sebab itu, tidak masalah apa pun kemampuan kita, baik sebagai seorang pelukis, penulis, atau musisi, jika kita bisa berinovasi dan mencari ide serta solusi baru, maka kita tetap memiliki kemampuan kreatif. Kreativitas sendiri membutuhkan semangat, pikiran terbuka, dan keberanian untuk mengambil risiko. 
Meski begitu, kita semua tahu, sres yang berhubungan dengan pekerjaan merupakan "pembunuh" kreativitas yang sebenarnya. Stres mampu memengaruhi kita dan menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti obesitas, penyakit jantung, kadar gula darah yang tinggi, serta infeksi saluran pernapasan. Apalagi, pada beberapa kasus, stres sendiri memungkinkan orang untuk beralih ke obat-obatan karena dianggap bisa membantuSebaliknya, kreativitas melindungi kita secara fisik dengan memungkinkan kita untuk bekerja lebih lama dan lebih produktif tanpa merasa "keberatan" dengan pekerjaan kita. Sejumlah penelitian bahkan menemukan, mengembangkan inovasi atau menciptakan sesuatu mampu meningkatkan harga diri dan merangsang otak.  Memang, banyak yang menduga bahwa orang-orang kreatif lebih mungkin mengalami depresi. Namun, pada kenyataannya, hal ini bisa membuat kita memahami penyebab depresi dan membantu kita melawannya, sebelum gejalanya menjadi lebih buruk. Dengan kata lain, ekspresi kreatif juga membantu kita mengintrospeksi diri, dan memahami di mana letak kekuatan serta kekurangan kita. Karenanya, mengaplikasikan ekspresi kreatif ke dalam hidup ini bisa sangat berguna bagi kita. Bukan hanya mengetahui fakta bahwa kreativitas ternyata bermanfaat bagi kesehatan, hal ini juga dapat membuat kita lebih tangguh. Ketika menghadapi kesusahan atau masa yang sulit, kita dimampukan untuk memecahkan masalah dengan lebih baik. (Healthmeup)