Find Us On Social Media :

Ini Cara Mengatasi Anak yang Mengalami Kurang Kasih Sayang dari Orangtua (1)

By Birgitta Ajeng, Selasa, 30 September 2014 | 07:00 WIB

Ini Cara Mengatasi Anak yang Mengalami Kurang Kasih Sayang dari Orangtua (1)

Intisari-Online.com - Orangtua yang terlalu sibuk bekerja dan jarang meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan bersama anak bisa menyebabkan anak mengalami kurang kasih sayang dari orangtua, terutama ibu atau biasa disebut deprivasi maternal. Menurut buku All About Kesehatan Anak (2014), ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi anak yang mengalami kurang kasih sayang dari orangtua, yaitu:

1. Menemani anak tidur

Bagi bayi dan balita, tidur bersama orangtua terutama ibu masih sangat dibutuhkan. Anak akan merasa lebih aman dan nyaman apabila ada ibu di sisi mereka saat tidur. Setelah anak beranjak dewasa, pembiasaan tidur sendiri tetap bisa dilakukan dengan cara bertahap. Misalnya terlebih dahulu menemani dan membacakan cerita bagi anak sebelum mereka tertidur. Setelah anak tidur maka orangtua bisa pindah ke kamar tidur sendiri.

2. Tak segan memeluk dan mencium anak untuk mengungkapkan rasa sayang

Jika ada yang berkata rasa sayang tak perlu diungkapkan, maka hal tersebut sepertinya tidak berlaku bagi anak. Anak akan lebih memahami ungkapan sayang kedua orangtua mereka dalam bentuk pelukan, ciuman, dan kata-kata teduh yang menggembirakan. Oleh karenanya, memeluk anak tetap dapat dilakukan sampai mereka beranjak remaja.

3. Membuat pertemuan dengan anak lebih berkualitas

Deprivasi maternal tak akan sempat dialami oleh anak apabila pertemuan yang terjadi dengan kedua orangtua terutama ibu lebih berkualitas. Pertemuan setiap waktu dengan intensitas tinggi pun tak menjamin adanya kualitas jika orangtua tak mengusahakannya ada.

Misalnya pada ibu bekerja bisa jadi si anak justru tak mengalami deprivasi maternal karena ketika berada di rumah, si ibu sangat menyayangi dan memerhatikannya. Sedangkan bisa saja ibu yang berdiam di rumah saja justru gagal menghadirkan pertemuan yang berkualitas karena rasa jenuh sehingga pengasuhan yang dilakukan terhadap anak tak bisa terlalu intensif.

Nah itu tadi beberapa cara mengatasi anak yang mengalami kurang kasih sayang dari orangtua. Semoga bermanfaat.

-bersambung-