Find Us On Social Media :

Ini Penyebab Anak Susah Makan

By Birgitta Ajeng, Kamis, 9 Oktober 2014 | 17:00 WIB

Ini Penyebab Anak Susah Makan

Intisari-Online.com – Cukup banyak anak yang susah makan dan pilih-pilih makanan sehingga menyebabkan kekhawatiran orangtua bila anaknya kurang gizi karena sifat pemilihnya itu. Susah makan sering kali dialami oleh anak-anak terutama usia balita dan di bawah tujuh tahun. Ada beberapa penyebab anak susah makan, di antaranya:

1. Kondisi tubuh yang kurang sehat atau anak sedang mengalami sakit

Anak yang sakit biasanya susah makan. Tubuh yang kurang nyaman membuat semua makanan terasa pahit di lidah. Usahakan untuk memberi anak variasi makanan yang sehat dan vitamin saat tubuhnya tengah sakit.

2. Makanan yang disiapkan tidak membuat anak berselera

Bosan terhadap makanan yang disiapkan membuat anak kurang berselera untuk makan. Ciptakan aneka menu masakan yang menarik dan penuh gizi untuk anak. variasikan setiap menu dan hiaslah sehingga anak-anak merasa berselera untuk makan.

3. Anak terlalu lelah

Kelelahan sering kali membuat anak susah makan. Ingatkan dan temani anak untuk beristirahat sehingga tidak terlampau lelah dan mau makan.

4. Anak terlalu banyak nonton TV atau bermain gadget

Terlalu banyak nonton televisi dan bermain gadget membuat anak lupa makan dan sulit saat disuapkan makanan oleh orangtua. Membatasi tontonan televisi dan permainan gadget bisa mengatasinya. Ajaklah anak untuk bermain lainnya sehingga mereka tidak menjadi susah makan.

Nah, itu tadi beberapa penyebab anak susah makan. Semoga bermanfaat.