Find Us On Social Media :

Cara Mendidik Anak untuk Jujur

By Axel Natanael Nahusuly, Rabu, 15 Oktober 2014 | 20:00 WIB

Cara Mendidik Anak untuk Jujur

Intisari-Online.com - Ditengah dunia yang semakin korupsi dan kebohongan, nilai kejujuran menjadi hal yang sangat penting dan bernilai tinggi. Alangkah baiknya bila anak kita dapat berkomunikasi secara terbuka dan terus terang sejak dini, agar hal positif itu bisa terus terbawa hingga dewasa. Lalu, bagaimana cara mendidik anak untuk jujur? Berikut uraiannya.

Jangan menekan anakMemberi tekanan berlebih pada anak  akan membuat anak semakin menyembunyikan sesuatu dari kita. Cairkan suasana dengan kita memulai percakapan terlebih dulu, ceritakan pengalaman menarik dan kurang menyenangkan yang pernah kita hadapi di masa lalu. Dengan demikian, lambat laun, anak pun akan lebih terbuka pada kita dan tidak ragu untuk curhat dengan kita.

Buat ikatan dengan anakSalah satu cara mendidik anak untuk jujur ialah meyakinkan anak bahwa kita juga dapat menjadi sahabat untuk berbagi kisah, bahkan sampai hal yang paling sensitif sekali pun. Ingat saja, kita sendiri merasa lebih nyaman curhat dengan sahabat, bukan? 

Jangan menyepelekan kebohonganSaat anak kita terbukti berbohong, segera tegur. Lalu, berikan pengertian baginya bahwa kita hanya ingin yang terbaik untuknya dan tak ingin dia berbohong lagi. Namun, ingatlah untuk jangan terbawa emosi, dan asal tuduh saat tidak terbukti.  

Beri hukuman yang edukatifUntuk menjelaskan bahwa kebohongan tak dapat ditoleransi, orang tua sah-sah saja memberikan hukuman, tetapi sesuai batasan yang mendidik. Berikanlah anak pengertian bahwa hukuman tesebut diberikan karena kebohongan bukanlah suatu hal yang baik.Pasti senang rasanya memeiliki anak yang jujur dengan kita dan bisa menjadi orang yang terpercaya saat ia besar nanti. Ayo kita mulai cara mendidik anak untuk jujur. (Tribunnews)