Find Us On Social Media :

Ini Alasan Mengapa Pria Kurang Peka Saat Pasangan Ngambek

By Axel Natanael Nahusuly, Rabu, 15 Oktober 2014 | 21:30 WIB

Ini Alasan Mengapa Pria Kurang Peka Saat Pasangan Ngambek

Intisari-Online.com - Sebuah penelitian ilmiah di Edinburgh University, Skotlandia, telah menemukan alasan mengapa pria kurang peka saat pasangan ngambek. Tak jarang aksi ngambek para wanita gagal total hanya karena pria tidak sadar atas ekspresi yang ditunjukkan pasangannya.

Selain itu, para peneliti juga menyimpulkan bahwa kemampuan pria dalam berempati, berpura-pura, dan mencerna reaksi sosial cenderung rendah dibandingkan wanita.

Dalam proses eksperimen, para ilmuwan mempelajari kemampuan menangkap makna ekspresi dengan cara memetakan otak pria dan wanita saat diperlihatkan sejumlah foto dengan ragam ekspresi. Setiap responden, yaitu pria dan wanita, diminta untuk mendefinisikan masing-masing ekspresi dalam foto tersebut.

Kemudian, jawaban yang diberikan oleh responden diukur berdasarkan akurasi dan durasi saat menjawab. Hasil penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan alasan mengapa pria kurang peka saat pasangan ngambek.

“Penemuan kami menunjukkan bahwa kaum pria kurang tanggap dalam mengekspresikan empati dan reaksi lainnya. Sebab, kemampuan strategi otak pria dalam menanggapi berita sedih dan duka cenderung lebih lamban ketimbang wanita,” ujar Profesor Stephen Lawrie, Kepala Peneliti. Lebih lanjut, Lawrie menjelaskan bahwa menurut eksperimennya tersebut, tersibak teori bahwa aliran darah ke bagian otak yang bereaksi untuk membuat keputusan emosional memang terlihat lebih bekerja keras kala melihat atau mendengar kabar duka dan sedih.Jadi, singkatnya, Lawrie menyatakan bahwa pria lebih lambat dalam membaca emosi dan menunjukkan empati pada lingkungan sekitarnya. Itulah alasan mengapa pria kurang peka saat pasangan ngambek. (Dailymail/Kompas)