Find Us On Social Media :

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Anda Memutuskan Menikah

By Ade Sulaeman, Rabu, 3 Desember 2014 | 18:45 WIB

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Anda Memutuskan Menikah

Intisari-Online.com - Beberapa pasangan memutuskan untuk menikah atas dasar merasa saling mencintai atau karena merasa sudah cukup mapan. Padahal, ada lima hal lain yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan menikah seperti dipaparkan berikut ini:

1. Mengapa Anda menikah?

Jujurlah dan eveluasi alasan di balik pernikahan Anda. Buatlah kelebihan dan kekurangan pasangan Anda dan hubungan Anda dengannya. Pastikan keputusan Anda menikah bukan dilandasi tujuan untuk melarikan diri atau menghindari sesuatu. Apakah Anda menikah hanya karena selalu menginginkannya? Itu bukan alasan yang cukup untuk Anda menikah.

2. Apakah Anda mempercayai sejarah hidup pasangan Anda?

“Alat” terbaik untuk memprediksi perilaku seseorang di masa depan adalah perilakunya di masa lalu. Pelajari itu. Bagaimana dia menjalani hubungan dengan mantannya? Bagaimana dia memperlakukan Anda? Apa yang pasangan Anda pelajari dari pernikahan orangtuanya?

3. Apakah Anda ingin membangun rumah tangga atau sekadar pernikahan?

Hal lain yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan menikah adalah bahwa pernikahan Anda hanya satu hari, sementara rumah tangga akan Anda jalani seumur hidup. Buatlah perjanjian pranikah dengan pasangan, uraikan bagaimana Anda akan mendidik anak-anak, disiplin, seks, uang, pembagian kerja, agama, mertua, dan lain sebagainya. Jika Anda tidak membuat rencana untuk mendiskusikan hal ini, Anda tidak akan berhasil menjalani pernikahan yang bahagia.

4. Seberapa besar nilai “investasi” Anda pada hubungan yang Anda jalani?

Lihatlah biaya dari hubungan Anda. Jika Anda harus mengorbankan teman, karier, atau keluarga, harganya terlalu tinggi. Jika semuanya berantakan, apakah Anda secara emosional akan bangkrut? Lebih baik Anda sendirian namun sehat dibanding memiliki pasangan namun Anda sakit.

5. Sudahkan Anda mengidentifikasi dan mengkomunikasikan kebutuhan dan harapan Anda?

Anda tidak dapat menentukan seseorang baik atau tidak bagi Anda jika Anda tidak mengetahui kebutuhan Anda sendiri. Ekspresikan kebutuhan dan harapan Anda sekarang, bukan ketika Anda sudah menikah. Formula sukses dalam pernikahan adalah bertemunya kebutuhan dua orang yang terlibat. Jadi pastikan masing-masing dari Anda sudah mengutarakan kebutuhan masing-masing.

Itulah lima hal yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan menikah. (huffingtonpost.com)