Find Us On Social Media :

6 Kalimat yang Harus Dihindari Saat Berbicara dengan Pasangan

By Ade Sulaeman, Jumat, 5 Desember 2014 | 11:00 WIB

6 Kalimat yang Harus Dihindari Saat Berbicara dengan Pasangan

Intisari-Online.com - Ada beberapa kata atau kalimat yang harus dihindari saat berbicara dengan pasangan. Kalimat-kalimat tersebut sangat rentan memicu konflik, bahkan pada pasangan yang selama ini terlihat bahagia.

Berikut ini enam kalimat yang harus dihindari saat berbicara dengan pasangan menurut Jean Grossman, seorang life coach:

1. “Terserahlah…”

Kalimat ini sepertinya terdengar biasa saja. Padahal, jika kalimat atau kata ini disampaikan saat pasangan meminta pendapat atas suatu isu penting dan mendesak, maka jawaban ini bisa saja membuat pasangan beranggapan bahwa Anda tak memerhatikan dan tak menghargainya.

2. “Kayak gitu, kok suka, sih…”

Pada saat kita menikahi seseorang, kita memasuki sebuah hubungan dengan seseorang yang tentu memiliki selera yang tidak sama. Menurut Grossman, memahami dan mengerti kebiasaan serta hobi pasangan merupakan saat-saat paling kritis dalam perkawinan. Salah-salah, bisa memicu konflik besar.

3. “Kamu tidak cocok pakai baju itu…”

Cobalah lebih menghargai selera dan penampilan pasangan sepanjang tidak keterlaluan. Misalnya, saat ia memakai baju yang memang tidak sesuai dengan acara yang hendak dihadiri. Apa salahnya Anda memuji penampilannya? Paling tidak, hindari mengucapkan kalimat tadi.

4. “Kan, aku yang cari uang lebih banyak…”

Apa pun masalahnya, jangan mengungkit-ungkit urusan penghasilan, karena ini masalah sensitif. Ada baiknya berargumen dengan pilihan kalimat lain yang tidak memancing pertengkaran yang lebih besar.

5. “Jangan buka-buka ponselku!”

Memang, masing-masing butuh privasi, bahkan setelah berumahtangga. Namun, caranya haruslah tepat dan menghindarkan dari risiko konflik. Misalnya, buatlah kesepakatan di awal bahwa akan menghormati privasi masing-masing.