Find Us On Social Media :

Prestasi Besar Sultan Agung selama Memerintah Kerajaan Mataram Islam, Apa Saja?

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 9 Mei 2022 | 20:30 WIB

(Ilustrasi) Prestasi besar Sultan Agung selama memerintah Kerajaan Mataram

Intisari-Online.com - Tahukah Anda prestasi besar Sultan Agung selama memerintah Kerajaan Mataram?

Sebelum mengetahui prestasi besar Sultan Agung selama memerintah Kerajaan Mataram, Anda harus tahu bahwa Kerajaan Mataram Islam mulai dibangun sejak Ki Ageng Pemanahan memutuskan untuk membantu Raja Pajang yang pada saat itu dipimpin oleh Sultan Hadiwijaya untuk mengalahkan Arya Penangsang dari Jipang.

Hal ini kemudian membuat Ki Ageng Pemanahan mendapatkan wilayah tanah di Hutan Mentaok yang sekarang merupakan wilayah di Kotagede, Yogyakarta.

Melansir Brainly.co.id, tanah hasil dari bantuannya kemudian diolah dan dikembangkan menjadi sebuah desa yang makmur, namun Ki Ageng Pemanahan wafat dan kepemimpinannya digantikan oleh puteranya yang dikenal Danang Sutawijaya atau Rade Ngabehi Loring Pasar.

Sutawijaya kemudian melakukan pemberontakan terhadap Kerajaan Pajang yang masih dipimpin oleh Sultan Hadiwijaya yang pertempuran tersebut kemudian dimenangkan oleh Sutawijaya dan memutuskan untuk mendirikan Kesultanan Mataram.

Sutawijaya berhasil membangun dan mengembangkan kerajaan dengan cukup pesat sampai dengan masa kepemimpinan Sultan Agung yang pada saat itu dinilai sebagai masa puncak kejayaan Kerajaan Mataram Islam.

Sultan Agung merupakan gelar yang diberikan pada Raden Mas Rangsang yang menggantikan kepemimpinan Adipati Martapura dengan gelar Sultan Agung Hanyakrakusuma yang mulai memperluas wilayah kekuasaan Kerajaan Mataram Islam dengan cara penaklukkan.

Hal ini kemudian menjadi alasan utama, Kerajaan Mataram Islam mengalami perkembangan yang cukup pesat meluaskan wilayah sampai dengan wilayah Jawa dan Madura.

Selain itu, Kerajaan Mataram Islam juga dikenal sebagai pengekspor beras terbesar di Pulau Jawa, sehingga memungkinkan Mataram Islam mengalami kemajuan ekonomi dan memaksimalkan keuntungan pada perluasan wilayah di sekitar pesisir Jawa.

Lantas apa prestasi besar Sultan Agung selama memerintah Kerajaan Mataram?