Find Us On Social Media :

Mengapa Kebangkitan Nasional Sangat Penting Bagi Indonesia? Ini Dia

By May N, Kamis, 5 Mei 2022 | 09:12 WIB

Mengapa kebangkitan nasional sangat penting bagi bangsa Indonesia? Ini dia sebabnya

Intisari-Online.com - Mengapa Kebangkitan Nasional sangat penting bagi Indonesia?

Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei memiliki makna bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan dan kesatuan yang menjadi landasan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ini sangat penting bagi Indonesia karena memiliki makna semangat nasionalisme dalam mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang.

Peringatan Kebangkitan Nasional adalah untuk mengenang kembali bagaimana semangat perjuangan bangsa Indonesia tempo dulu untuk mengisi kemerdekaan dengan berbagai pembangunan.

Kebangkitan Nasional merupakan bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk menggabungkan diri melalui gerakan organisasi yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan.

Boedi Oetomo, sebuah organisasi yang bergerak di bidang sosial yang menjadi cikal bakal gerakan yang bertujuan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

Makna kebangkitan adalah meningkatnya rasa persatuan menjadi lebih baik di wilayah NKRI ini.

Tujuan Boedi Oetomo adalah mengusahakan persatuan kaum bumiputra yang bersifat umum dan sebagai pelopor untuk mewujudkan pendidikan bagi seluruh rakyat.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris I Soewarno melalui surat edaran tentang berdirinya Boedi Oetomo.

Tujuan Boedi Oetomo tercantum dalam anggaran dasar Boedi Oetomo, yang menyebutkan bahwa Boedi Oetomo bertujuan untuk menggalang kerja sama guna memajukan tanah dan bangsa Jawa dan Madura secara harmonis.

Kebangkitan Nasional merupakan cikal bakal persatuan seluruh pemuda di bumi nusantara yang bersumpah atas nama Indonesia.

Mereka mengaku bertanah air, berbangsa dan berbahasa satu yaitu Indonesia, dengan tidak membeda-bedakan suku, agama, ras dan budaya.