Find Us On Social Media :

Sop Iga Monggo Kerso, Bersantap di Keteduhan Kebayoran

By Agus Surono, Jumat, 28 November 2014 | 06:00 WIB

Sop Iga Monggo Kerso, Bersantap di Keteduhan Kebayoran

Intisari-Online.com - Meski kelas kaki lima, namun kedai yang buka dari pukul 06.00 sampai 21.00 ini cukup nyaman. Tendanya besar dan sanggup menampung sekitar 50 orang. Terkadang jika pengunjung melimpah, sang pemilik - Siti Nurhikmah - mengambil kursi tambahan dan menjejerkannya di bawah kerindangan pohon yang berdiri kokoh di sekitar kedai. Asal tidak turun hujan.

Ada beragam menu iga yang ditawarkan kedai ini. Ada iga bakar, iga rebus, atau iga goreng. Masing-masing punya kelebihan. Kita lihat sosok iga goreng.

Jika kita pesan iga goreng, ke meja kita akan diantarkan sepotong iga yang baru saja diangkat dari penggorengan, semangkuk kuah sop, dan sepiring kecil sambal iga. Iga yang garing berwarna cokelat matang. Sedangkan kuah sop berkelir bening dengan aneka sayuran yang saling bertumpuk di dasar mangkuk. Rajangan bawang goreng mengambang di atas kuah.

Potongan daging iga memiliki tekstur yang empuk. Daging yang lunak dan renyah berbalut sempurna dengan rasanya yang gurih. Jika suka pedas, tentu saja sambal yang disajikan akan menambah kesempurnaan iga goreng.

Namun jangan terpaku dengan masakan iga saja. Kedai ini menawarkan pari asap penyet. Sepotong daging pari yang dimasak asap ditumbuk dengan sambal dadak. Hasilnya, wajah pari menjadi sedikit sangar. Warna pari yang cokelat gelap lantaran dipanggang berlepotan sambal terasi yang wanginya menusuk hidung. Soal rasa? Buktikan sendiri.

Menurut Siti, kunci dari masakannya adalah bumbu yang tak pelit dia taburkan ke masakannya. Misalnya, meski harga cabai sedang tinggi, ia tidak mau mencampur sambalnya dengan saus botol. "Saya tidak berani melanggar pantangan itu," katanya kepada Tabloid Kontan.

Selain itu, Siti juga pantang memanfaatkan sisa makanan untuk dijual kembali esok harinya.

Untuk harga memang sedikit lebih mahal. Seporsi sop iga dihargai Rp35.000. Lalu pari asap penyet Rp30.000 per porsi. Tapi ada harga ada rasa kok. (Surtan Siahaan/Tabloid Kontan)

Pondok Iga Monggo KersoJln. Bhakti Senopati, KebayoranbaruJakarta SelatanKoordinat GPS: S6o23,3027' - E106o81,3808'