Find Us On Social Media :

Ayam Goreng Ibu Haji Jatinegara yang Melegenda

By Agus Surono, Selasa, 9 Desember 2014 | 17:00 WIB

Ayam Goreng Ibu Haji Jatinegara yang Melegenda

Intisari-Online.com - Sajiannya cuma sederhana, ayam goreng dan sayur asem. Namun dari kesederhanaan ini Rumah Makan Ayam Goreng Ibu Haji melegenda.

Rumah makan yang didirikan oleh Haji Nafsiah ini terletak di Jalan Bekasi Timur No. 20 Jatinegara, Jakarta Timur. Letaknya persis di depan Stasiun Jatinegara. Meski ruangannya kecil namun kedai yang dikelola oleh generasi kedua ini cukup resik. Hanya ada lima meja kayu di lantai bawah dan enam meja kayu di lantai atas.

Tak sampai lima menit menu ayam goreng sudah dihidangkan di atas meja. Lengkap dengan lalapan dan yang istimewa adalah sepiring sambal. Di dasar piring terdapat dua jenis sambal: sambal ulek merah dan sambal kacang yang tersaput kecap manis. Mirip seperti sambal kacang yang menjadi pendamping nasi uduk.

Ukuran ayamnya cukupan. Tidak besar tapi juga tidak terlalu kecil. Warnanya kuning kecokelatan. Begitu disobek, daging ayam kampung goreg buatan kedai ini tampak putih kekuningan. Dagingnya matang hingga ke tulang yang garing. Saat sesobek besar daging masuk mulut, rasa gurih dan empuk khas ayam kampung langsung terasa.

Bagian kulitnya setengah kering. Bau lemak bagian bawah kulit pun terasa wangi begitu gigi mengunyahnya. Rasa daging ayamnya memendam sari-sari bumbu karena sudah melewati proses ungkep dan goreng. Bahkan ketika tulang kita kremus dan isap-isap, rasa bumbu kuning yang dioleskan ke ayam masih terasa dengan jelas dan pekat.

Rasa ayam akan terasa oke ketika dicocol ke sambal. Rasa sambal yang manis pedas bercampur getir kacang tanah yang digerus halus itu akan memberikan sensasi kelezatan di dalam mulut. Jika kepedasan, dinginkan dengan mentimun yang ada.

Sebagai pendamping ayam adalah sayur asem. Rasanya kaya akan rempah. Asam manis sekaligus pedas. Sedikit galak ketika masuk tenggorokan. Isi dari sayur asem ini adalah kacang panjang, labu, melinjo, potongan jagung serta nangka muda. Bagian paling enak adalah menyantap jagung matang yang terasa manis di lidah.

Paduan ayam goreng dan sayur asem itu semakin klop dengan nasi putih yang disajikan. Rasanya manis, pulen, dan wangi. Jika penasaran dengan rahasia semua itu, datangi saja kedainya. (Surtan Siahaan/Tabloid Kontan)

RM Ayam Goreng Ibu HajiJln. Bekasi Timur no 20, JatinegaraJakarta TimurTlp. 021-85903488Koordinat GPS: S6o21.5492' - E106o87.0813'