Find Us On Social Media :

8 Jenis Durian Lezat Asli Indonesia (1)

By Lila Nathania, Sabtu, 18 Juli 2015 | 15:30 WIB

8 Jenis Durian Lezat Asli Indonesia (1)

Intisari-Online.com - Penggemar durian mungkin akrab dengan durian jenis impor yang berasal dari negara lain. Sudah tahukah Anda 10 jenis durian lezat asli Indonesia ini?

1.Durian Petruk

Durian asal Jepara, Jawa tengah ini berbentuk bulat telur dan berwarna hijau kekuningan. Buah durian ini kurannya sebesar kelapa gading dan bobotnya berkisar antara satu hingga dua setengah kilogram. Daging buah durian ini tebal berlemak dan berwarna kuning. Teksturnya lembek dan berserat halus sedangkan aromanya tidak begitu tajam.

2. Durian Sawah Mas

Berasal dari Mabah, Kalimantan Barat, durian ini dikenal juga dengan nama lai mas. Bentuk durian ini bulat dengan ujung yang runcing. Warna kulit durian ini hijau dan durinya jarang-jarang. Berat durian ini bisa mencapai empat kilogram. Warna daging buahnya kuning dan dagingnya bertekstur halus serta beraroma harum.

3. Durian Sidodol

Durian ini berbentuk bulat dan berwarna hijau kekuningan. Beratnya cukup ringan karena biasa tak leih dari dua setengah kilogram. Durian ini warna dagingnya kuning mengkilap dan teksturnya halus cenderung lembek. Durian sidodol beraroma harum dan memiliki rasa manis gurih.

4. Durian Matahari

Warna durian ini hijau kecoklatan dan durinya besar serta runcing. Duri buah ini cukup jarang dan terkadang bengkok. Daging durian matahari tebal, kering, bertekstur halus, dan aromanya tidak tajam.

Itulah empat durian asli Indonesia yang tak kalah enak dari durian impor. Ayo bangga dengan durian local dan nikmati citarasa asli Indonesia (Good News from Indonesia).