Find Us On Social Media :

Tidak Kalah Dari Malaysia, Inilah 8 Jenis Durian Asli Indonesia Nan Lezat

By Lila Nathania, Sabtu, 12 November 2016 | 12:00 WIB

8 Jenis Durian Lezat Asli Indonesia (2)

Intisari-Online.com - Durian Indonesia masih kalah bersaing dengan durian asal Malaysia. Pasalnya, "Durian Indonesia tidak memiliki standar kualitas dan mutu yang konsisten, bahkan tidak memiliki jaminan rasa, sehingga penggemar durian tidak dapat menikmati cita rasa durian asli negeri ini," kata William Wongso, praktisi kuliner Indonesia.

Padahal, sebenarnya Indonesia mempunyai banyak varietas atau jenis durian berkualitas. Sayang hingga saat ini kita belum bisa menstandarkan ukuran dan kualitas isinya. Beda dengan durian musang king andalan Malaysia, yang sudah terstandarisasi kualitas ukuran dan isinya. Berikut adalah 8 jenis durian asli Indonesia yang  diyakini mengungguli durian Malaysia jika standar kualitas mutunya dijaga.

1.Durian Petruk

Durian asal Jepara, Jawa tengah ini berbentuk bulat telur dan berwarna hijau kekuningan. Buah durian ini kurannya sebesar kelapa gading dan bobotnya berkisar antara satu hingga dua setengah kilogram. Daging buah durian ini tebal berlemak dan berwarna kuning. Teksturnya lembek dan berserat halus sedangkan aromanya tidak begitu tajam.

2. Durian Sawah Mas

Berasal dari Mabah, Kalimantan Barat, durian ini dikenal juga dengan nama lai mas. Bentuk durian ini bulat dengan ujung yang runcing. Warna kulit durian ini hijau dan durinya jarang-jarang. Berat durian ini bisa mencapai empat kilogram. Warna daging buahnya kuning dan dagingnya bertekstur halus serta beraroma harum.

3. Durian Sidodol

Durian ini berbentuk bulat dan berwarna hijau kekuningan. Beratnya cukup ringan karena biasa tak leih dari dua setengah kilogram. Durian ini warna dagingnya kuning mengkilap dan teksturnya halus cenderung lembek. Durian sidodol beraroma harum dan memiliki rasa manis gurih.

4. Durian Matahari

Warna durian ini hijau kecoklatan dan durinya besar serta runcing. Duri buah ini cukup jarang dan terkadang bengkok. Daging durian matahari tebal, kering, bertekstur halus, dan aromanya tidak tajam.

5. Durian Bokor

Durian asal Majalengka, Jawa Barat, ini dikenal juga sebagai durian aden. Bentuknya bulat panjang dan warna kulitnya hijau kekuningan. Durian ini rata-rata cukup besar, antara tiga hingga empat kilogram. Warna dagingnya kuning dan aromanya harum. Daging buahnya sendiri cukup tebal dan kering.