Find Us On Social Media :

Usianya Capai 2.000 Tahun, Naskah Kuno Berisi Ayat-ayat Nabi Zakaria Milik Pemberontak Yahudi Ditemukan di Goa Horor Israel

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 30 April 2022 | 08:00 WIB

(Ilustrasi) Naskah Kuno Berusia 2.000 Tahun Milik Pemberontak Yahudi Ditemukan

Intisari-Online.com - Pada 2021 silam, potongan-potongan manuskrip Alkitab kuno dan benda-benda kuno lainnya yang ditemukan di gua-gua gurun di Israel sebagai "penemuan sejarah".

Naskah berusia 2.000 tahun dari Israel ini dianggap milik para pemberontak Yahudi, yang melarikan diri ke gunung setelah gagal melawan penguasa Romawi pada abad kedua.

Naskah kuno Israel itu ditemukan dalam operasi agar goa-goa di padang pasir itu tidak dijarah.

Banyak potongan teks - pertama kali ditemukan setelah lebih dari enam puluh tahun - ditulis dalam bahasa Yunani, tetapi kata "Tuhan" ditulis dalam bahasa Ibrani atau Ibrani.

Inilah temuan pertama sejak awal 1960-an.

Saat itu kepingan naskah kuno dan sekitar 40 kerangka manusia ditemukan di situs yang sama, yang kemudian dikenal sebagai Goa Horor.

Naskah kuno yang ditemukan ini berisi ayat dari buku-buku Nabi Zakaria dan Nabi Nahum, bagian dari ayat dalam kitab Twelve Minor Prophets.

Manuskrip ini ditulis dalam bahasa Yunani, bahasa yang digunakan setelah penaklukan Yudea (bagian selatan Palestina yang bergunung-gunung pada masa modern) oleh Aleksander Agung pada Abad Keempat sebelum masehi.

Kata "Tuhan" secara eksklusif ditulis dalam bahasa Ibrani.

Direktur Badan Barang Antik Israel (IAA) Israel waktu itu Hasson mengatakan, naskah kuno dan replika lain yang ditemukan merupakan temuan yang tak ternilai harganya.

Ia juga mengatakan, temuan itu sebagai "pengingat" agar usaha pencarian seperti ini perlu dilanjutkan.