Find Us On Social Media :

Indonesia Bukan Satu-Satunya Pemilik Nasi Kuning

By Tika Anggreni Purba, Jumat, 22 Januari 2016 | 10:30 WIB

Indonesia Bukan Satu-Satunya Pemilik Nasi Kuning

Intisari-Online.com –Hampir seluruh daerah di Indonesia mengenal Nasi Kuning. Kudapan ini memang sudah menjadi makanan khas yang sering kali hadir di setiap acara sukacita seperti ulang tahun, peringatan hari raya, bahkan di hari ulang tahun kemerdekaan. Nasi kuning digemari semua kalangan mulai anak-anak hingga usia senja. Ternyata Nasi Kuning tidak hanya dimiliki oleh Indonesia lho, banyak negara lain yang juga memiliki nasi yang rasanya gurih ini. Nasi Kuning juga terdapat di Spanyol, Afganistan, Brunei, Malaysia, Kuba, dan Karibia.

Arroz Amarillo dari Puerto Rico

Kalau di Indonesia, nasi kuning biasanya disajikan dengan makanan pelengkap seperti rendang, orek tempe, urap, dan telur. Nasi kuning Puerto Rico yang disebut Arroz Amarillo ini biasanya disajikan dengan kacang polong, ayam, kerang, dan buncis. Uniknya, Arroz Amarillo ini memang sudah berwarna kuning saat masih berbentuk beras.

Paella dari Spanyol

Bagi negara Spanyol, Paella merupakan makanan khas nasional. Paella terdiri dari Paella Valensia, Vegetarian Paella, Seafood Paella, dan Mixed Paella. Biasanya masyarakat Spanyol menyajikannya dengan daging ayam, daging kelinci, kacang hijau, dan kunyit serta rosemary. Tambahannya adalah tomat, sayur-sayuran hijau, minyak zaitun, dan paprika. Menurut tradisi, semua bahan tersebut dicampur jadi satu dan dimasak di atas tungku api (tradisional).

Arroz Cubano dari Kuba

Negara ini biasanya menyajikan nasi kuning dengan lauk seperti daging sapi dan kacang merah. Nasi kuning kuba tidak pedas seperti nasi kuning Meksiko. Arroz Cubano dimasak dengan bumbu khusus yang dinamakan Sofrito. Selain itu, tambahan bumbu lainnya seperti bawang putih, kunyit, minyak zaitun, jinten, dan paprika membuat hidangan lebih terasa.

Qabili Palau dari Afghanistan Qabili Palau adalah hidangan nasional Afghanistan.  Hidangan ini terdiri dari beras panjang butir Afghanistan, wortel, kismis, dan daging domba serta daging ayam.  Nasinya berasal dari beras putih biasa, namun dicampur dengan bumbu sehingga berwarna kekuningan. Wortel dan kismis membuat rasanya menjadi agak manis.

Nasi Kunyit Malaysia

Selain nasi putih, Malaysia juga menjadikan nasi kuning sebagai bagian dari nasi lemak, makanan khas negara mereka. Nasi kunyit biasanya disajikan di acara penting dan bahagia. Bagi orang Malaysia, warna kuning melambangkan kemakmuran. Nasi kunyit disajikan dengan kari ayam Malaysia yang menjadi andalan negara itu.