Find Us On Social Media :

Sembilan Fakta Menarik tentang Makanan India

By Monalisa Darwin D, Rabu, 27 April 2016 | 12:30 WIB

Sembilan Fakta Menarik tentang Makanan India

Intisari-Online.com - Setiap daerah di India memiliki makanan khasnya masing-masing. Tak sedikit pula berbagai hidangan dimasak dengan cara yang berbeda, sesuai dengan jenis rempah yang ditemukan di masing-masing daerah itu. Paling tidak, ada sembilan fakta menarik tentang makanan India yang mesti kita ketahui.

1. Umumya rasa makanan adalah manis atau asin. Namun, di India teori makanan terdiri atas bebera jenis selera yaitu manis, asin, pedas, pahit, dan asam. Setiap makanan India biasanya menyeimbangkan semua rasa ini, dengan salah satunya menjadi yang paling dominan.

2. India juga terkenal sebagai “Tanah Rempah”. Dengan kondisi iklim yang berbeda di tiap negara bagiannya, negara ini menjadi salah satu penghasil aneka rempah terbesar di dunia.

3. Sebelum Porugis memperkenalkan gula ke India, negara ini hanya menggunakan madu dan buah-buahan untuk pemanis makanannya. Dan ternyata, konsep gula Kristal dan pembuatan gulan dari tebus dikembangkan di India.

4. Makanan di India diklasifikan menjadi tiga kategori: Saatvic, Raajsic, dan Tamsic. Saatvic adalah makanan yang terdiri atas jus segar dan sayuran. Raajsic merupakan makanan berminyak dan pedas. Lalu Taamsic yaitu makanan yang terdiri atas daging dan minuman keras.

5. “Dum” adalah gaya memasak asli dari India. Ini merupakan pot tanah yang ditutupi dan disegel dengan adonan. Dum adalah gaya memasak yang menggunakan sumber daya yang minim dan memberikan rasa nikmat di dalam makanan.

6. Chutney (berbagai jenis masakan dengan kuah) membuat lauk yang penting dalam menu India. Mereka sangat populer di masa pemerintahaan kolonial dan dalam bahasa Inggris, terkenal dengan ‘Major Grey’s’.

7. Pencinta hidangan ayam harus menyoba makanan yang satu ini: Chiken Tikka Masala. Hidangan ini sangat lezat di India, namun tidak banyak yang tahu ternyata makanan satu ini ternyata berasal dari Glasgow, Skotlandia.

8. Meskipun roti lebih populer di India bagian utara dan beras menjadi makanan pokok di selatan, namun keduanya telah meluas ke sebagian besar India dan menjadi menu masyarakat sehari-hari. Bahkan, setiap jenis berasnya digunakan untuk membuat hidangan masakan yang berbeda.

9. Sarapan di India terkenal dengan sebutan ‘nashta’ dan ini dianggap sebagai makanan yang paling penting di sana. Di Utara, masyarakat biasanya mengonsumsi paranthas (semacam roti polos atau diisi) dengan acar dan yoghurt. Sedangkan di Selatan, masyarakat lebih mengonsumsi crepe, seperti hidangan dengan sayur atau beras.

Itulah sembilan fakta menarik tentang makanan India yang harus kita ketahui.