Find Us On Social Media :

Trik Rahasia Menguasai Matematika

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 27 November 2013 | 05:30 WIB

Trik Rahasia Menguasai Matematika

Intisari-Online.com – Cobalah bertanya pada siswa sekolah dasar, pelajaran apa yang paling susah? Spontan mereka akan menjawab lantang, Matematika! Mengapa mesti Matematika? Apakah lantaran penuh dengan angka dan rumus sehingga sulit dipahami.

Kenyataan menunjukkan, berhadapan dengan pelajaran ini menjadi beban berat kebanyakan siswa. Bahkan ada yang berharap saat di bangku kuliah, kalau bisa memilih jurusan yang tak ada Mafianya lagi. Hah! Mafia. Maksudnya Matematika, Fisika, dan Kimia.

Yang pasti, saat di bangku SD – SMA, Matematika tetap menjadi pelajaran wajib. Jadi barangkali, sikap yang bijak, terutama buat orangtua adalah mendorong anak-anaknya mencintai pelajaran ini. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Di lain sisi, kemampuan dan kepiawaian guru dalam menyampaikan pelajaran ini di kelas bakal membantu pemahaman siswa.

Nah, untuk membantu siswa tingkat SD/MI menguasai pelajaran Matematika, telah terbit buku: Trik Rahasia Cepat Kuasai Matematika, tulisan Yoanna F. Turkiyah. Melihat judul, sudah tergambar keinginan penulis untuk memaparkan trik dan tips memahami Matematika secara cepat dan mudah.Ini tentu  sesuai dengan kompetensi penulis sebagai guru Matematika kelas 6 selama 16 tahun dan peraih nilai 10 pelajaran Berhitung saat menempuh ujian di SGA I, Yogyakarta. Lewat kemampuan dan kepiawaiannya mengajar, Yoanna juga pernah ditetapkan sebagai Guru Berprestasi I se-Kotamadya Yogyakarta tahun 1995 dan penyaji makalah dalam Seminar Matematika Guru SD se-DIY di IKIP Negeri Yogyakarta.

Buku ini disusun secara sistematis untuk memudahkan pemahaman. Bagian 1. Ringkasan materi disertai contoh soal dan jawaban. Bagian 2. Berisi soal-soal latihan dan kunci jawaban. Bagian 3. Berupa soal-soal uji kompetensi guna menilai pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.

Dengan segudang materi mata ajar matematika yang ada di dalamnya, buku ini niscaya baik digunakan sebagai buku pendamping bagi siswa dan orang tua. Serta sarana latihan pemantapan. Terutama untuk persiapan ulangan harian, tengah semester, semester, kenaikan kelas, dan ujian kelulusan SD/MI. Bagi yang berminat, buku ini bisa didapatkan di seluruh toko buku Gramedia di kota Anda.

Selamat belajar. Matematika menyenangkan. (G. Sujayanto)

Judul Buku                          : Trik Rahasia Menguasai Matematika SD/MI Kelas 3 - 6

Penulis                                 : Yoanna F. Turkiyah

Jumlah halaman               : Xii + 252 halaman

Penerbit                              : Grasindo, 1 November 2013