Find Us On Social Media :

7 Tips untuk Berlibur Saat Hamil

By Ade Sulaeman, Rabu, 4 Mei 2016 | 14:30 WIB

7 Tips untuk Berlibur Saat Hamil

Intisari-Online.com - Hanya karena Anda sedang hamil bukan berarti Anda tidak bisa liburan. Walaupun mungkin memerlukan perencanaan tambahan, melarikan diri prenatal tidak keluar dari pertanyaan. Ambil napas dalam dan bacalah tips-tips berlibur saat hamil berikut ini:

* Meminta pat-down (pemindaian manual)

Menurut Dr. Aron Schuftan, OB-GYN dan co-founder dari aplikasi seluler EmbraceHer Health's Pregnancy Companion, wanita hamil harus menghindari scanner Advanced Imaging Technology (alat pemindai menyeluruh yang biasanya berupa pintu). Katakan Anda sedang hamil, dan minta petugas melakukan pemindaian manual.

* Persiapkan waktu untuk berlibur

Anda harus berusaha untuk menjadwalkan rencana perjalanan selama trimester kedua ketika morning sickness telah cenderung berkurang dan kelelahan di minggu-minggu akhir kehamilan belum dilakukan.

* Pilih tujuan domestik

Usahakan hanya melakukan perjalanan domestik. Sebab selain akan melelahkan, berwisata ke tempat yang benar-benar baru memungkinkan kita untuk terpaksa mencicipin makanan asli wilayah tersebut yang mungkin berbahaya bagi kehamilan.

* Membawa salinan riwayat kehamilan

Bawa selalu salinan riwayat kehamilan Anda karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi saat liburan. Sementara para dokter cenderung tidak berani bertindak sembarangan pada ibu hamil karena tidak mengetahui riwayat kehamilannya. Jangan lupa bawa semua keperluan asuransi Anda.

* Lakukan perjalanan dengan mobil

Jika memiliki pilihan, pilihlah mobil sebagai kendaraan berlibur Anda, khususnya mobil pribadi. Hal ini penting sebab Anda bisa dengan tiba-tiba minta berhenti dalam kondisi darurat tanpa mengganggu penumpang yang lain. Selain itu, Anda juga bisa tiba-tiba mengubah rute perjalanan jika merasa perlu mengunjungi layanan medis.

* Selalu hidrasi tubuh dan bawa camilan sehat