Find Us On Social Media :

Tujuh Hal yang Tak Seharusnya Dilakukan saat 'Kemping' (1)

By Monalisa Darwin D, Senin, 16 Mei 2016 | 07:00 WIB

Tujuh Hal yang Tak Seharusnya Dilakukan saat 'Kemping' (1)

Intisari-Online.com - Berkemah tentu menyenangkan dan menjadi kegiatan yang dipilih sebagian orang ketika berlibur. Yang perlu diketahui saat berkemah adalah kita harus juga menjaga lingkungan. Untuk mendapatkan pengalaman terbaik, ada tujuh hal yang tidak seharusnya dilakukan saat berkemah!

1. Berada atau memilih tempat gelap

Memilih dan mendirikan tenda di tempat yang gelap akan berbahaya. Beberapa tempat bahkan mungkin terdapat lobang, kotoran, batu, dan  lainnya. Tentunya senter dan lampu portabel tidak boleh tertinggal. Kita juga bisa pergi ke tujuan lebih awal sebelum matahari tenggelam, hal ini untuk memastikan lokasi sekitar untuk berkemah. Sebelum mendirikan tenda juga kita dapat membersihkan sekitaran agar tidak ada hal yang mengganggu.

2. Berkeliaran di hutan sendiri

Umumnya, kemah dilakukan di alam terbuka dan berada di sekitar hutan. Hal ini juga akan membahayakan, sehingga selalulah bersama salah seorang teman jika akan pergi ke sekitaran hutan untuk keperluan tertentu. Beritahu pula kepada rekan lainnya ketika akan pergi agar mereka tidak khawatir dan dapat saling membantu jika ada sesuatu hal kurang baik yang terjadi.

3. Meninggalkan makanan

Di alam terbuka atau alam liar, banyak hewan yang berkeliaran, seperti tupai, burung, bahkan binatang buas sehingga sangat baik untuk kita tidak meninggalkan persediaan makanan di dalam tenda atau juga sekitaran tenda. Ini dapat mengundang hewan-hewan di hutan datang dan menyerbu makanan kita. Pastikan untuk mengetahui lokasi berkemah dengan baik dan bawalah persediaan makanan secukupnya dan sewajarnya. Kumpul dan bawa juga pulang sampah-sampah, termasuk sisa makanan. Jangan meninggalkan sampah di lokasi kemah!

4. Mengganggu tetangga

Selain kita, ada orang lain yang juga berkemah di lokasi yang sama dengan kita. Ini akan menambah teman baru untuk kita. Namun yang harus diperhatikan adalah kita menjaga ketenangan selama kemah, tidak berisik, tidak memainkan musik atau lagu dengan suara keras, tidak mabuk-mabukan, tidak meninggalkan api, dan sebagainya. Menggangu tetangga kemah hanya akan meninggalkan kesan yang buruk.