Find Us On Social Media :

Lakukan 17 Langkah Ini Agar Tetap Aman saat Liburan ke Luar Negeri (2)

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 19 Juli 2016 | 08:00 WIB

Lakukan 17 Langkah Ini Agar Tetap Aman saat Liburan ke Luar Negeri (2)

Intisari-Online.com — Dengan maraknya serangan terorisme dan isu keamanan hotel, banyak kita yang takut untuk melangkah dalam perjalanan wisata. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut tips dari Anthony Melchiorri, COO dari JET, sebuah perusahaan manajemen risiko perjalanan di AS.

10. Perhatikan detail persinggahan Anda

Sangatlah penting juga untuk mengetahui mengenai peraturan keamanan penerbangan di mana Anda akan singgah. Ketahui tempat-tempat sasaran teroris dan jauhi tempat tersebut. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan agen travel Anda jika Anda tidak yakin bepergian sendiri.

11. Bawa barang berharga di kantong depan

Banyak wisatawan yang menempatkan barang berharganya di dompet, tas, dan kantong yang terletak di belakang. Namun kantong depan merupakan tempat yang lebih aman. Anda juga dapat melihat dan menjangkaunya dengan mudah.

12. Jangan gunakan nama depan untuk check in di Hotel

Salah satu cara termudah untuk menjaga informasi pribadi Anda adalah menolak menggunakan nama depan Anda. Lebih baik gunakan inisial nama depan dan nama belakang saja. Untuk lebih aman, untuk seorang wisatawan perempuan yang berwisata sendiri, gunakan “Mrs” di depan nama Anda untuk memberikan kesan Anda tidak berwisata sendiri.

13. Miliki aplikasi keamanan di ponsel Anda

Aplikasi yang membuat Anda bisa menghubungi nomor emergensi dan menemukan tempat yang tepat saat Anda tersesat. Misalnya travel smart app yang dapat Anda unduh. Boleh juga aplikasi GPS yang membantu Anda untuk melohat tempat tujuan Anda.

14. Pantau aktivitas kartu kredit Anda

Pantaulah aktivitas kartu kredit setidaknya sekali sehari saat Anda berada di luar negeri. Sehingga Anda bisa sadar jika ada keganjilan yang terjadi.

15. Tutup lubang kecil yang biasanya ada di pintu kamar hotel