Find Us On Social Media :

Lakukan 17 Langkah Ini Agar Tetap Aman saat Liburan ke Luar Negeri (1)

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 19 Juli 2016 | 07:30 WIB

Lakukan 17 Langkah Ini Agar Tetap Aman saat Liburan ke Luar Negeri (1)

Intisari-online.com—Dengan maraknya serangan terorisme dan isu keamanan hotel, banyak kita yang takut untuk melangkah dalam perjalanan wisata. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut tips dari Anthony Melchiorri, COO dari JET, sebuah perusahaan manajemen risiko perjalanan di AS.

1. Ambil lebih banyak kartu nama yang disajikan di meja resepsionis hotel

Informasi pada kartu nama bisa menjadi pegangan bagi Anda jika Anda tersesat atau membutuhkan orang yang harus dihubungi di kota tersebut. Apalagi jika Anda tidak menguasai bahasa yang digunakan di daerah tersebut, setidaknya Anda bisa menunjukkan alamat hotel dan nomor teleponnya.

2. Jika Anda berwisata kapal pesiar, gunakanlah asuransi perjalanan

Walau di kapal pesiar mereka menyediakan perawatan untuk tamu yang mabuk laut dan flu, Anda perlu tahu bahwa mereka tidak memiliki perawatan selengkap rumah sakit. Sehingga mustahil dilakukan perawatan bagi sakit yang serius seperti serangan jantung dan patah tulang.

Biasanya jika hal tersebut terjadi, kapal akan mendekat ke pelabuhan terdekat dan mengirim tamu yang sakit ke rumah sakit terdekat. Memiliki asuransi perjalanan akan menolong biaya pengobatan dan layanan penerjemah jika Anda mengalami sesuatu yang tidak diinginkan di negeri orang.

3. Gunakan ponsel Anda untuk menelepon hotel setibanya di hotel

Jika Anda ingin mengetahui seberapa aman hotel tempat Anda menginap menjaga privasi Anda, Melchiorri merekomendasikan Anda untuk menelepon resepsionis dengan ponsel Anda sendiri. Teleponlah dan tanyakanlah tentang diri Anda sendiri. Jika staf tersebut memberi informasi nomor kamar Anda, tandanya Anda tidak aman. Karena respon terbaik seharusnya, “saya akan sambungkan Anda ke…”

4. Simpan kontak KBRI dan hubungi saat Anda mendapat masalah

Jika Anda mendapat masalah yang pelik saat berada di negeri orang, misalnya terlibat dalam masalah kriminal, pastikan Anda memiliki nomor kontak KBRI di negara tersebut.

Mereka akan membantu Anda untuk menghubungi keluarga, teman, bahkan pihak-pihak yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah yang menjerat Anda.

5. Jangan tulis nama Anda di gantungan pintu hotel