Find Us On Social Media :

Tak Bisa 'Terlihat' oleh Tentara Musuh, Inilah Roza Shanina, Sniper Wanita Uni Soviet yang Punya Keterampilan Maut, Rekor Membunuhnya Langsung Bikin Lawan Ketar-ketir

By Mentari DP, Kamis, 14 April 2022 | 12:35 WIB

Roza Shanina, sniper wanita Uni Soviet.

Intisari-Online.com - Roza Georgiyevna Shanina atau Roza Shanina adalah salah satu wanita pertama yang bergabung dengan tentara Uni Soviet selama Perang Dunia II.

Bahkan Roza Shanina merupakan penembak jitu alias sniper wanita Uni Soviet pertama yang dianugerahi Order of Glory (penghargaan untuk keberanian dalam menghadapi musuh).

Serta menjadi prajurit wanita pertama dari Front Belorusia ke-3 yang menerimanya.

Dilansir dari thevintagenews.com pada Kamis (14/4/2022), dia dikreditkan dengan 59 pembunuhan yang dikonfirmasi di antaranya adalah 12 tentara dalam Pertempuran Vilnius.

Bakat Shanina sebagai penembak jitu dipuji dan sebuah surat kabar Kanada pada tahun 1944 menggambarkannya sebagai "teror tak terlihat dari Prusia Timur".

Dia mampu dengan tepat mengenai personel musuh dan membuat doublet (dua tembakan target dengan dua putaran ditembakkan secara berurutan).

Alasan dia menjadi sukarelawan di militer adalah kematian saudara laki-lakinya pada tahun 1941.

Shanina lahir di Yedma, sebuah desa Rusia di Oblast Arkhangelsk pada tahun 1924.

Dengan semangat belajarnya, dia tidak pernah ragu untuk berjalan sejauh 13 km  untuk sampai ke sekolah. Saat itu, tidak ada angkutan umum.

Meskipun itu bertentangan dengan keinginan orangtuanya, ketika dia baru berusia 14 tahun, Shanina memutuskan untuk berjalan sejauh 120 mil melintasi Taiga agar dia bisa belajar di perguruan tinggi di Arkhangelsk.

Sesampainya di kota tanpa harta dan uang yang sangat sedikit, dia pertama kali tinggal bersama saudara laki-lakinya Fyodor dan kemudian pindah ke asrama perguruan tinggi.

Setelah dua tahun belajar, lembaga pendidikan menengah Uni Soviet memperkenalkan biaya kuliah, dan karena Shanina tidak mampu membayar biaya kuliah, dia mendapat pekerjaan di taman kanak-kanak yang memberinya apartemen gratis.