Find Us On Social Media :

Melihat Australia Menyiapkan Petani Masa Depannya

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 29 Oktober 2014 | 09:00 WIB

Melihat Australia Menyiapkan Petani Masa Depannya

Intisari-Online.com - Ada baiknya pemerintah Indonesia melihat cara Australia menyiapkan petani masa depannya. Untuk mengembangkan potensi pertanian di Australia, negara kanguru ini tengah membuat program pelatihan guna membantu guru-guru sekolah menengah di sana.

Final goal program ini adalah supaya para guru bisa terus mengakses informasi perkembangan terbaru sektor pertanian di negara benua tersebut. Program ini sendiri melibatkan kelompok-kelompok pertanian di Australia seperti Inovasi Wol Australia, Masyarakat Pertanian Australia, Petani Budidaya Sayuran dan Gandum, dsb.

Mula-mula, pihak-pihak yang terlibat itu akan dilatih untuk mengajarkan kepada para guru mengenai strategi yang mereka lakukan terutama dalam menjual komoditi pertaniannya. “Guru-guru tersebut diharapkan bisa menularkannya kepada murid-murid sekolah menengah di mana mereka mengajar,” ujar Chales Impey dari Masyarakat Keterampilan Pedesaan Australia.

Impey juga mengakui ada banyak sekali materi dan informasi yang dibagikan dalam program ini. Misalnya, bagaimana menghadapi beragam hal dan situasi yang kerap ditemui oleh para petani di lapangan. “Jika saja materi dan informasi itu dapat diakses kepada generasi muda yang kelak akan menjadi petani di masa depan, maka mereka akan memiliki dasar pemahaman yang kokoh mengenai pengelolaan lahan pertanian karena merujuk pada informasi yang benar dan terkini mengenai pertanian.”

Cara Australia menyiapkan petani masa depannya, sekilas, terlihat sangat simpel. Tapi cara-cara seperti ini cukup efektif untuk mengenalkan pertanian kepada generasi muda yang semakin jauh dengan dunia bercocok-tanam. (Tribunnews.com)