Find Us On Social Media :

Padahal Termasuk Proyek yang Menggemparkan Dunia, Pesawat Antariksa Super Besar Milik Uni Soviet Ini Malah Berakhir Bak Rongsokan Padahal Proyek Ini Habiskan Uang Jorjoran

By Afif Khoirul M, Selasa, 12 April 2022 | 18:26 WIB

Pesawat ulak-alik milik Uni Soviet.

Intisari-online.com - Pada tahun 1974, Rusia meluncurkan proyek terbesar dan termahal dalam sejarah eksplorasi ruang angkasa sebagai tanggapan atas program pesawat ulang-alik NASA.

Program Buran Soviet berlangsung hampir dua dekade (dari 1974 hingga 1993).

Hanya satu penerbangan orbital otomatis yang telah diselesaikan sebelum seluruh proyek dibatalkan karena kurangnya dana ketika Uni Soviet runtuh.

Molniya Research Industrial Corporation, yang mengembangkan tubuh Buran, mengatakan tujuannya adalah mengirim 30 ton ke luar angkasa dan mengembalikan 20 ton ke Bumi.

Buran seharusnya menampung hingga enam penumpang di kabin awaknya.

Sebuah departemen kargo terpisah akan memungkinkan satelit dengan panjang hingga 17 meter (56 kaki) dan diameter 4,5 meter (15 kaki). Anggota kru tambahan bisa naik di area kargo.

Mirip dengan pesawat luar angkasa NASA, Buran akan memiliki berbagai jenis bahan termal di permukaannya untuk melindungi dari tekanan masuk kembali.

Buran melakukan 24 penerbangan uji di Bumi (termasuk 15 yang sepenuhnya otomatis) sebagai persiapan untuk uji terbang luar angkasanya

Sulit untuk menentukan angka berapa banyak yang diinvestasikan Soviet, tetapi laporan memperkirakan bahwa di mana saja dari puluhan juta hingga miliaran dihabiskan untuk proyek tersebut.

Situs-situs di mana pesawat ulang-alik diletakkan untuk beristirahat sejak itu benar-benar ditinggalkan.

Baca Juga: Bikin Orang Tersesat dan Tidak Pernah Terlihat Lagi, Inilah Terowongan Bawah Tanah yang Jadi Tempat Persembunyikan Partisan Uni Soviet, Konon Jadi Tempat Mayat yang Dibuang