Find Us On Social Media :

Tips Mendaur Ulang Plastik

By Monalisa Darwin D, Senin, 28 September 2015 | 06:00 WIB

Tips Mendaur Ulang Plastik

Intisari-Online.com - Plastik adalah salah satu bahan yang paling banyak digunakan di dunia, mulai dari bungkus permen, kantong belanja, kemasan minuman, dan lainnya.  Nyatanya, plastik sangat berbahaya bagi lingkungan kita. Nah, untuk itu kita harus ikut membantu lingkungan kita dengan mencoba tips mendaur ulang plastik berikut ini:

1. Gunakan kembali tas belanja plastik

Ketika ke toko atau mall, sebaiknya kita membawa tas plastik bekas. Jangan langsung membuang tas plastik belanja!

2. Pisahkan tutup dan botol plastik

Tutup dan botol plastik nyatanya dapat didaur ulang dengan ide kreatif. Apalagi jika kita memiliki anak, ajaklah anak untuk menciptakan sesuatu yang berguna dengan kreativitas mereka. Kita bisa membuat hiasan atau wadah pulpen.

3. Hancurkan botol plastik sebelum dibuang

Untuk menghindari penyalahgunaan botol bekas, sebelum benar-benar membuangnya ke tempat sampah, sebaiknya itu menghancurkan atau merusaknya terlebih dulu.

4. Gunakan tempat minum daripada gelas plastik

Banyak tempat yang menyediakan minum dan gelas plastik untuk digunakan. Setiap hari banyak gelas plastik yang terbuang begitu saja. Daripada hanya untuk satu kali penggunaan lalu dibuang, lebih baik kita membawa botol minum dan mengisi ulangnya.

5. Hubungi organisasi yang mendaur ulang plastik

Jika kita tidak bisa mendaur ulang plastik-plastik bekas, lebih baik kita menghubungi organisasi atau kelompok yang menerima plastik untuk didaur ulang. Carilah info tentang organisasi tersebut yang terdekat dengan daerah kita.

Mulailah bergerak membantu lingkungan dan bumi kita. Paling tidak dengan menerapkan salah satu tips mendaur ulang plastik di atas dan menjadikannya sebuah kebiasaan baik. (magforwomen.com)