Find Us On Social Media :

Penguin Watch, Situs yang Mengajak Kita 'Berinteraksi' dengan Kawanan Penguin

By Bramantyo Indirawan, Senin, 18 April 2016 | 15:30 WIB

Penguin Watch, Situs yang Mengajak Kita 'Berinteraksi' dengan Kawanan Penguin

Intisari-Online.com – Sebuah situs bernama Penguin Watch mengajak para pengguna internet untuk melihat, menghitung, hingga mengidentifikasi para penguin yang tersebar di Lautan Selatan dan Antartika. Di situs ini kita dapat melihat berbagai jenis penguin seperti Gentoo, Rockhopper, bahkan hewan lain yang kadang kala ikut menampakkan diri.

Setelah membuka situs tersebut, berbagai foto akan terlihat untuk kemudian seolah mengajak kita untuk berinteraksi dan melihat para penguin-penguin yang sedang beraktivitas. Kita cukup menghitung dan menunjuk para penguin tersebut dengan label tertentu yang memperlihatkan apakah penguin tersebut dewasa, masih bayi, atau telur.

Para ilmuwan yang tergabung dalam situs ini telah memasang sekitar 50 kamera yang menghasilkan ratusan hingga ribuan foto untuk memantau para penguin. Karena alasan tersebut mereka mengajak masyarakat untuk menghitung hingga mengidentifikasi para penguin yang hadir dalam foto-foto yang telah tersaji di situs tersebut.

Penguin Lifelines merupakan sebuah proyek di Universitas Oxford yang telah terbentuk sejak tahun 2009. Mereka bekerjasama dengan berbagai ilmuwan dari berbagai organisasi seperti Australian Antartic Division, British Antartic Survey, Quark Expeditions, dan berbagai lembaga lainnya.

Situs ini hadir untuk mencari data dari kehidupan para penguin, baik itu persebaran populasi, ketahanan tempat tinggal, pemangsa pada bayi-bayi penguin, lokasi berkembang biak, hingga tingkah laku mereka. Gabungan organisasi tersebut juga melaksanakan pengawasan kepada penangkapan satwa dan gangguan yang disebabkan oleh manusia.

(penguinwatch.org)