Find Us On Social Media :

5 Tips Memulai Berkebun Sayur Sendiri

By Monalisa Darwin D, Selasa, 26 April 2016 | 08:30 WIB

5 Tips Memulai Berkebun Sayur Sendiri

Intisari-Online.com - Sayuran menjadi pilihan makanan yang menyehatkan. Bahkan, menanam sayuran sendiri dapat memberikan keuntungan yang lebih banyak, selain akan lebih menghemat pengeluaran, menanam sayur dapat membuat kita lebih aktif karena harus merawat mereka. Nah, bagi Anda yang tertarik melakukannya, berikut adalah 5 tips memulai berkebun sayur sendiri:

1. Rencanakan tanaman yang diinginkan dan berapa banyak mereka akan tumbuh

Penting untuk merencanakan apa yang kita inginkan untuk tumbuh di kebun dan berapa banyak mereka akan tumbuh. Ini dapat menjadi percobaan sebelum benar-benar kita akan membuat kebun yang besar. Kita bisa memulai dengan jenis sayuran yang akan dikonsumsi oleh keluarga kita dan kemudian bereksperimen dengan jenis sayuran lainnya.

2. Pilih tempat yang tepat

Tanaman membutuhkan banyak sinar matahari dan cukup air untuk tumbuh subur. Kita harus memilih tempat terbaik untuk pertumbuhan mereka, terlebih mudah mendapatkan sinar matahari dan mudah ketika disiram.

3. Tanah

Tanah yang subur juga diperlukan untuk membuat tanaman selalu segar dan tumbuh baik. Lebih baik lagi kita tidak menggunakan bahan kimia untuk perawatan tanah agar sayuran menjadi lebih bernutrisi dan bergizi ketika dikonsumsi. Rajin-rajinlah untuk membasmi gulma atau serangga yang tidak menguntungkan tanaman.

4. Tanaman pot

Kita juga bisa menanam benih di dalam air sebelum menabur merka ke tanah. Kebanyakan biji dan tanaman akan tubuh lebih baik ketika benih direndam terlebih dulu. Tak hanya membeli bibit atau benih, kita juga bisa mencoba membuang sisa sayuran ke kebun, ada kemungkinanan mereka akan tumbuh kembali.

5. Tanaman vertical

Tips memulai berkebun sayur sendiri yang terakhir adalah tanaman vertikal. Jika kita tidak memiliki banyak uang, maka kita bisa memulai dengan menanam tanaman secara vertikal. Tanaman seperti mentimun akan memakan banyak ruang, sehingga menanam mereka secara vertikal di tiang atau tembok adalah pilihan yang tepat.(magforwomen.com)