Find Us On Social Media :

Beberapa Kebiasaan Gaya Hidup Ramah Lingkungan yang Juga Bikin Hemat Pengeluaran (2)

By Monalisa Darwin D, Selasa, 17 Mei 2016 | 07:30 WIB

Beberapa Kebiasaan Gaya Hidup Ramah Lingkungan yang Juga Bikin Hemat Pengeluaran (2)

Intisari-Online.com - Membantu menyelamatkan dunia dengan hidup ramah lingkungan dan penghijauan adalah cara yang sudah sering terdengar, sayangnya masih banyak orang yang tidak peduli dengan isu ini. Nah, tidak hanya membantu keselamatan bumi, namun beberapa kebiasaan gaya hidup ramah lingkungan ini akan membuat hemat pengeluaran:

6. Mengatur suhu ruangan secara alami

Seperti yang sudah disebut sebelumnya tadi, kita harus memanfaatkan sinar matahari. Untuk mengatur suhu ruangan, sinar matahari dan angin alami dapat dimanfaatkan. Jika cuaca dingin, kita bisa menjadikan udara hangat dari matahari yang masuk atau membiarkan angin segar alam masuk ke ruangan jika cuaca sedang dingin.

7. Mencolok peralatan listrik yang diperlukan saja

Sebagian orang mencolok berbagai peralatan listrik di colokan terminal, seperti tv, video game, printer, carger ponsel, dan lainnya. Biasakan untuk mencabut kabel yang tidak terpakai atau matikan sambungan agar tidak dialiri listrik ketika tidak digunakan.

8. Matikan air yang tidak diperlukan

Saat menggosok gigi, mencuci muka, mencuci piring, dan mandi, jangan biarkan air mengalir begitu saja jika tidak digunakan. Menggunakan air seperlunya tidak hanya akan menghemat pengeluaran, namun juga secara tidak langsung ikut menjaga lingkungan lebih baik.

9. Gunakan karpet di musim dingin

Di musim dingin atau musim hujan, alternatif lain untuk mendapatkan udara yang lebih hangat tanpa alat pemanas adalah dengan menggunakan karpet. Karpet dengan bahan tertentu dapat membuat lantai terasa hangat.

10. Sering bepergian dengan transportasi umum, jalan kaki, atau bersepeda

Dengan ini, kita bisa menghemat pengeluaran untuk bensin kendaraan pribadi dan pengurangan polusi udara serta suara. Berjalan kaki atau bersepeda juga sekaligus dapat menjadi bentuk olahraga. Sesering mungkin ketika cuaca dan kondisi memungkinkan, hindarilah penggunaan kendaraan pribadi.

Nah, itulah beberapa kebiasaan gaya hidup ramah lingkungan ini akan membuat hemat. Yuk, mulai terapkan dalam keseharian kita! (wisebread.com)