Find Us On Social Media :

Lima Negara Ini Punya Solusi Cerdas dalam Hadapi Masalah Sampah (1): Indonesia

By Okke Nuraini Oscar, Selasa, 31 Mei 2016 | 07:30 WIB

Lima Negara Ini Punya Solusi Cerdas dalam Hadapi Masalah Sampah (1): Indonesia

Intisari-Online.com - Sampah memang sudah menjadi permasalahan klasik yang ada di tiap negara. Mulai dari sampah plastik yang mencemari laut dan sulit terurai hingga sampah elektronik yang tak terurus. Berikut adalah lima langkah solutif menanggulangi masalah sampah yang terdapat di lima negara.

1. Indonesia

Ya, siapa sangka Indonesia yang seperti tak ada ujungnya membicarakan masalah sampah ini ternyata memiliki sosok inspiratif bernama Gamal Albinsaid, seorang dokter muda yang peduli akan masalah sampah. Upayanya telah diakui dunia dan pernah diundang Pangeran Charles sebagai seorang  yang kreatif dalam menangani masalah sampah. Usaha yang ia lakukan telah memberikan pendapatan tambahan bagi masyarakat Malang dan sekitarnya.

Gamal yang menamakan usahanya dengan nama Bank Sampah, akan memfasilitasi masyarakat untuk mengumpulkan sampah yang kemudian dapat ditukarkan dengan pemeriksaan dan pengobatan gratis. Sampah yang dikumpulkan tersebut nantinya akan di daur ulang untuk dimanfaatkan menjadi sesuatu yang lebih berguna.

2. Swedia

Swedia memang terkenal progresif untuk perihal pemeliharaan lingkungan. Sistem limbah yang diubah menjadi energi ini secara efisien memberikan energi langsung ke 950.000 rumah yang ada di Swedia. Swedia mendaur ulang dan memilah sampah secara efektif dan hasilnya kurang hanya 1% barang yang tak terpakai berakhir di tempat pembuangan sampah.Melihat sampah sebagai komoditas, Swedia mengimpor sampah dari negara-negara Eropa lainnya untuk bahan bakar kebutuhan daya listrik, dengan mengubah 700 kg sampah menjadi 250 kg energi dan bahan bakar.

(goodnet.org)