Find Us On Social Media :

7 Manfaat Menanam Tanaman Sendiri (1)

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 25 Juni 2016 | 10:00 WIB

7 Manfaat Menanam Tanaman Sendiri (1)

Intisari-Online.com - Tanaman tidak hanya tumbuh sebagai bahan untuk dikonsumsi manusia, namun juga mereka berperan untuk membersihkan udara serta menghasilkan oksigen. Tanaman juga menciptakan pemandangan yang indah, memberikan keteduhan, dan menjadi tempat berlindung untuk bermacam spesies serangga atau hewan. Untuk itu, berikut ini adalah 7 manfaat menanam tanaman sendiri:

1. Memiliki hubungan yang baik

Hubungan manusia dengan lingkungan, termasuk dengan tanaman nyatanya tidak bisa diabaikan karena memang benar sangat penting untu kehidupan. Ketika hubungan selaras dengan lingkungan, maka kita akan merasa lebih bahagia dan harmonis. Menanam beberapa jenis tanaman di rumah adalah pilihan yang tepat. Bila terlalu sulit, kita bisa menanamnya dengan membeli bibit di toko tanaman. Penelitian menunjukkan, memiliki tanaman hidup di sekitar dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang, dimana orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di luar bersama tanaman akan memiliki hubungan yang lebih baik pula dengan orang lain. Hal ini karena mereka lebih memiliki rasa kasih sayang.

2. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

Tinggal atau bekerja di sekitar tanaman hidup akan membuat diri lebih tenang dan terbukti dapat meningkatkan daya ingat atau memori seseorang hingga 20%. Hal ini terjadi karena kita memberikan makan, air, memotong, atau sekadar menikmati tanamanan, dan ini menjadi bagian dari latihan otak yang kemudian melepaskan endorfin sehingga meningkatkan memori.

3. Membuat lebih bahagia

Ketika dikelilingi tanaman yang indah, secara otomatis tingkat stres kita akan berkurang dan kemudian hati serta pikiran akan terasa lebih positif, optimis, dan penuh harapan. Selain keindahan estetika, warna dan aroma tanaman juga dapat menginduksi keadaan menjadi lebih aman.

4. Meningkatkan produktivitas

Memiliki tanaman di tempat kerja walaupun hanya kecil, ternyata memiliki kontribusi terhadap kinerja, yang meningkatkan produktivitas. Studi yang melibatkan lingkungan tempat kerja dan pekerjanya lebih produktif, lebih sehat, dan lebih bahagia, ketika mereka bekerja dalam keadaan yang lebih alami, seperti menggabungkan tanaman atau bunga di sekitarnya.