Find Us On Social Media :

Tidak Menghancurkan, Bom yang Satu Ini Justru Menebarkan Kehidupan

By Lila Nathania, Minggu, 14 Agustus 2016 | 14:30 WIB

Tidak Menghancurkan, Bom yang Satu Ini Justru Menebarkan Kehidupan

Intisari-Online.com – Bom selama ini dikenal sebagai senjata yang memusnahkan. Tidak menghancurkan, bom yang satu ini justru menebarkan kehidupan.

Di negara Thailand telah diciptakan bom ramah lingkungan yang membawa kehidupan. Mereka membuat bom yang isinya adalah bola-bola berisi biji tanaman. Bola-bola bom yang ramah lingkungan ini dijatuhkan oleh pesawat seperti layaknya bom udara.

Bom ini memang dibuat untuk mengatasi masalah deforestasi yang parah di Thailand. Selama beberapa dekade terakhir memang terjadi penggundulan besar-besaran. Sejauh ini Thailand telah kehilangan hampir separuh dari seluruh wilayah hutan mereka.

Pemerintah Thailand berharap hal ini dapat dihentikan dengan segera. Mereka mencanangkan rencana penghijauan besar-besaran sebelum tahun 2017 datang. Karena itu, muncullah ide untuk membuat bom tanaman tersebut.

Bahan dari bagian luar bom ramah lingkungan ini adalah tanah liat. Di bagian dalamnya terdapat biji dan kompos. Jadi ketika dijatuhkan dari udara, biji punya media untuk tumbuh dan pada akhirnya akar mereka bisa menjalar ke tanah.

Inovasi menarik ini dibuat oleh seorang petani asal Jepang. Awalnya, ia memiliki ide ini saat sedang mencari alternatif penanaman benih tanpa metode pembajakan. Metode pembajakan sendiri tidak terlalu efektif sehingga ia akhirnya mendapatkan ide membuat bom tanaman ini. Semoga saja dengan adanya bom tanaman tersebut Thailand dapat segera kembali hijau.

(Playground+)