Find Us On Social Media :

Ricoh Theta, Teknologi Kamera Video Live Streaming 360 Derajat untuk HUT RI 71

By Mentari Desiani Pramudita, Jumat, 19 Agustus 2016 | 08:00 WIB

Ricoh Theta, Teknologi Kamera Video Live Streaming 360 Derajat untuk HUT RI 71

Intisari-Online.com- Banyak kejadian baru yang terjadi pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71 kemarin. Jika biasanya kita hanya melihat upacara bendera di Istana Merdeka melalui televisi, kali ini kita dapat menyaksikannya melalui live streaming di Youtube dengan video 360 derajat. Teknologi kamera video ini bernama Ricoh Theta.

Teknologi video 360 derajat Ricoh Theta bisa disaksikan melalui smartphone masing-masing dengan menghubungkannya ke perangkat Virtual Reality (VR). Jika Anda menontonnya, Anda bisa menyaksikan keseluruhan acara kemerdekaan RI dari arak-arakan di Monumen Nasional (Monas) sampai Istana Merdeka dari segala arah.

Google Indonesia dan komunitas video Layaria adalah pihak yang berada di belakang Ricoh Theta ini. Menurut Putri Silalahi, Head of Communications Google Indonesia, ini merupakan tayangan live streaming 360 derajat pertama kali di Indonesia.

“Kami bekerja sama dengan Layaria dan ditayangkan di channel Youtube milik Presiden Jowoki,” kata Putri kepada KompasTekno.

Ada tiga unit kamera video Ricoh Theta yang dipasang di tiga tempat berbeda. Pertama di Monumen Nasional (Monas), tempat sang bendera pusaka berada. Lalu ada dua di Istana Merdeka, tempat upacara bendera berlangsung. Streaming video Youtube ditangani oleh videografer Layaria, Yudhie Farhani.

Yudhie menjelaskan bahwa kamera Ricoh Theta adalah satu dari beberapa model kamera video 360 derajat yang ada. Tidak seperti kamera pada umumnya, justru kamera video ini mirip remote televisi. Ada sepasang lensa bulat di sisi depan dan belakang. Sepasang kamera itulah yang menangkap gambar dari segala arah.

Ketika ide live streaming 360 derajat dicetuskan pertama kali pada April 2016, kamera video Ricoh Theta merupakan salah satu kamera yang memiliki fitur tersebut. Harga dari kamera video ini berkisar 350 US Dollar (Rp4.5 juta).